Si Kecil Punya Adik, Atasi Rasa Cemburunya Dengan Ini

Si Kecil Punya Adik, Atasi Rasa Cemburunya Dengan Ini

Anak pertama yang hadir di satu pernikahan adalah putri atau pangeran bagi orang tuanya. Tidak hanya orang tua, bahkan keluarga besarnya, nenek, kakek, om dan tante pun ikut serta memanjakannya. Kehadiran yang selalu diistimewakan inilah yang membuat terkadang ia merasa sulit untuk menerima kehadiran anggota baru di keluarga.

Tidak perlu panik, kamu dapat mengatasi masalah ini dengan melakukan beberapa hal ini seperti yang dilansir magforwomen.com sebagai berikut:

  • Jangan Menghapus Kebutuhannya

    Kehadiran adik bagi kakak memang sering kali menimbulkan cemburu. Untuk mengatasinya hindari menghapus kebutuhannya. Jika kamu biasa menyiapkan sarapan untuknya, jangan menghilangkan kebiasaan itu hanya karena kehadiran adik atau kamu merasa sudah tidak sempat lagi. Hal ini akan membuatnya merasa kehilangan.

  • Ajak Ia untuk Menjaga Adiknya

    Mengajak sang kakak untuk menjaga adiknya akan membuat ia belajar untuk menyayangi dan memahami kehadiran anggota baru dalam keluarganya. Hal ini juga akan membuatnya merasa dibutuhkan.

  • Jangan Melarangnya untuk Bermain

    Jangan melarangnya untuk bermain dan mengatakan bahwa ia sudah terlalu tua untuk bermain-main. Biarkan ia berbagi dengan adiknya, hal ini akan menghapus rasa cemburu yang terkadang melukai perasaannya.

  • Jangan Memarahinya

    Dia mungkin membuat ulah yang seringkali membuatmu emosi, tapi ketahuilah mereka melakukannya karena ingin menarik perhatianmu. Jangan berteriak dan memarahinya, hal itu akan memperburuk keadaan. Cobalah bicara dengan tenang dan penuh cintai, hal ini akan membuatnya lebih menerima keadaan.

  • Jangan Mengharapkan Dia Menjadi ‘Dewasa’

    Meskipun sekarang dia sudah memiliki adik, bukan berarti dia sudah tumbuh dewasa. Dia masih tetap anak kecil yang masih membutuhkan bimbingan dan dukungan dari kamu. Maka ajari dia untuk menyayangi adiknya. Hal ini dapat mengurangi rasa cemburu pada dia.

Nah, demikian 5 cara untuk mengatasi cemburu pada kakak yang memiliki adik. Mungkin akan terasa berat di awal, tapi akan berjalan baik-baik saja nantinya. Selamat mencoba.

 

sumber : vemale

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *