Ingin Bersin Tapi Malu, Buruk kah Menahan Bersin?

Ingin Bersin Tapi Malu, Buruk kah Menahan Bersin?

Terkadang, di beberapa kesempatan, kamu akan malu jika harus mengeluarkan suara keras tiba-tiba seperti misalnya bersin atau batuk. Tapi terkadang kamu tak bisa menahannya dan akhirnya keluarkan bersin itu. Sejenak menjadi pusat perhatian, tapi malunya bertahan lama.

Well, tak ada yang salah jika kamu malu bersin, tapi secara kesehatan, apakah hal ini baik? Ada banyak penelitian, dan salah satunya mengenai bersin. Ternyata, ada banyak hal buruk terjadi ketika kamu menahan bersin, seperti misalnya risiko mengalami laring retak, nyeri akut pada leher dan cidera saraf wajah.

Dokter spesialis otolaryngologis, Dr. Michael Benninger juga mengatakan bahwa ada pasien dengan kasus hampir pecah gendang telinga dan retak rusuk karena menahan bersin. Sekali bersin, udara yang keluar dari hidung dan mulut bisa mencapai kecepatan tinggi dengan jangkauan 500 mil atau hingga 800 meter lebih.

Jadi, ketika kamu menahan bersin dan membiarkannya di dalam, kamu akan memberi tekanan sangat besar pada otot dan organ tubuh bagian dalam tubuh. Tentu saja tubuhmu tak akan meledak hanya karena menahan bersin. Namun dokter Michael mengatakan bahwa bersin bukan untuk ditahan.

Bersin adalah reaksi alami tubuh, cara tubuh membersihkan dan menjaga kesehatan tubuh, terutama area pernafasan. Bersin mampu membersihkan hidung dari bakteri, virus dan berbagai bibit penyakit lainnya yang mungkin menyerang tubuh.

Jadi tak perlu bersin, daripada kamu malah terkena penyakit dan tubuhmu mengalami gangguan kesehatan. Pastikan saja kamu menutup area mulut dan hidung saat bersin dengan tisu untuk meredam suara dan menahan bakteri agar tidak menyebar di tangan.

 

sumber : vemale

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *