Tetap Olahraga Ketika Puasa Ramadan? Ini Dia Caranya

Tetap Olahraga Ketika Puasa Ramadan? Ini Dia Caranya

Puasa sehari penuh mungkin jadi salah satu hal yang dikhawatirkan banyak orang jika ingin melakukan olahraga, terutama ancaman berkeringat sehingga menyebabkan gerah dan haus tak tertahankan, apalagi jika hari sedang panas. Rasanya puasa bisa berjalan sangat lama.

Tapi tak ada salahnya olahraga saat puasa, apalagi bagi kamu yang memang sudah terbiasa olahraga. Olahraga selama puasa tergantung dari bagaimana kamu merasakan tubuhmu. Dr Joseph Mercola, sebagai dokter sekaligus aktivis kesehatan, mengatakan bahwa tak ada keharusan olahraga saat puasa, namun melatih tubuh secara fisik selama puas punya banyak manfaat.

Salah satu manfaat utama olahraga selama puasa adalah melunturkan lemak tubuh. Dokter menyarankan, melakukan olahraga ringan saat puasa tak akan mengganggu jalannya puasa, hal ini justru membantu melancarkan sistem peredaran darah dan memberi waktu organ tubuh, terutama pencernaan untuk istirahat sejenak.

Kapan waktu terbaik untuk olahraga? Hal ini tergantung aktivitas harian dan kondisi fisik pribadi. Sally al Awar, ahli diet di Abu Dhabi mengatakan, kamu bisa jalan-jalan santai mendekati iftar atau waktunya berbuka. Bisa juga dilakukan setelah berbuka puasa, karena tubuh sudah memenuhi kebutuhan makan dan minum.

Agar badan tetap fit dan segar selama puasa, kamu juga bisa memilih olahraga angkat beban. Angkat beban bisa melatih otot tetap kencang selama puasa. Penting bagi setiap orang menemukan olahraga terbaik yang cocok untuk tubuhnya. Pastikan saja kamu tidak terlalu keras olahraga.

Tips yang bisa olahraga sambil puasa:

  1. Minum yang cukup/banyak setelah buka dan selama sahur.
  2. Lakukan olahraga kardio yang ringan seperti berjalan dan bersepeda.
  3. Olahraga cukup 30 menit saja, maksimal 60 menit jika tubuh kuat.
  4. Minum air kelapa muda untuk mengganti elekrolit tubuh dan menghilangkan dehidrasi saat berbuka puasa.
  5. Jangan makan makanan berlemak, asin dan berminyak untuk menu buka puasa dan sahur karena mudah membuatmu dehidrasi.

Berpuasa adalah tentang melatih ketahanan diri, ego dan kedisiplinan. Jadi jika kamu bisa melakukannya, sama saja kamu melatih dirimu lebih baik dalam segala hal, bukan hanya mendapat manfaat kesehatan fisik, tapi juga mental dan kedekatan terhadap Tuhan.

 

sumber : vemale

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *