Tips Menjadikan Ramadan Menyenangkan Bagi si Kecil

Tips Menjadikan Ramadan Menyenangkan Bagi si Kecil

Ramadan sebentar lagi tiba, menyiapkan keperluan selama Ramadan pun sebaiknya disiapkan jauh-jauh hari. Salah satu hal yang perlu kamu persiapkan adalah mengajak si kecil untuk belajar puasa sangat penting untuk melatih dan mengontrol hawa nafsu. Satu hal penting saat mengajari si kecil untuk berpuasa adalah memenuhi kebutuhan nutrisi dan mencegah dehidrasi.

Berikut adalah cara untuk membantu si kecil dapat menjalani puasa tanpa beban dan merasa senang. Yuk, simak tips dari vemale sebagai berikut:

  • Ajak Beraktivitas yang Disukainya

    Puasa jangan jadikan alasan untuk bermalas-malasan. Untuk menunggu waktu berbuka puasa, kamu dapat mengajak si kecil bermain dan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Seperti membaca buku cerita, bermain, atau mewarnai. Ajak mereka berkreasi, hal ini dapat membantu si kecil agar tetap semangat selama berpuasa.

  • Memilih Menu Berbuka dan Sahur

    Setiap anak tentu semangat jika diberi kesempatan untuk memilih menu berbuka favoritnya. Jika perlu ajak dia untuk menyiapkan bersama. Memberikan kesempatan padanya akan meningkatkan kepercayaan diri.

  • Memberikan Hadiah

    Tidak ada yang salah memberikan iming-iming hadiah jika puasanya full kepada si kecil. Selama hadiahnya dapat memotivasi si kecil tidak ada salahnya kamu berikan, tetapi ingat untuk tetap memberi penjelasan bahwa beribadah itu harus ikhlas bukan untuk pamer dan mendapatkan hadiah.

  • Ajak Dia untuk Berbagi

    Momen Ramadan adalah waktu yang tepat untuk mengajarkan tentang manfaat berbagi. Ajak dia untuk berbagi, mulailah dengan hal sederhana seperti berbagi menu buka puasa.

  • Jangan Menggodanya

    Semua tentu setuju anak kecil mudah tergoda, hindari membawa mereka ke tempat makan yang dapat membangkitkan seleranya dan keinginan untuk makan. Alih-alih puasa mereka bisa full, yang ada mereka tergoda untuk membatalkan puasa.

Tentu menyenangkan jika si kecil dapat menyelesaikan puasa tanpa paksaan. Dukung mereka untuk menjalankan ibadah dengan ikhlas. Beri pemahaman bahwa puasa bukan hanya masalah menahan lapar dan haus, tetapi juga beribadah kepadaNya. Selamat menyambut datangnya bulan Ramadan dan selamat mencoba.

 

sumber : vemale

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *