6 Tips Ampuh Agar Opor Ayam Tak Mudah Basi

Saat lebaran, salah satu sajian khas yang hampir pasti selalu ada di meja makan adalah opor ayam. Opor ayam menjadi sajian khas Idul Fitri yang bukan hanya menggugah selera namun juga menyatukan keluarga. Namun opor ayam jika tidak diolah dengan baik bisa jadi cepat basi.

Ini karena kandungan lemak dan protein dalam santan yang menjadi penyebab mudahnya makanan cepat basi. Wah tak mau menu lebaran jadi sia-sia dan dibuang kan? Ini tipsnya agar opor ayam dan masakan lebaran lainnya tak mudah basi.

  • Pilih kelapa tua dan masih segar

    Saat masak opor, pastikan membeli kelapa parut segar dari satu buah kelapa tua. Kamu juga bisa membeli kelapa tua dan memarut sendiri di rumah. Peras santannya dengan air panas atau cukup hangat untuk santan kental untuk mengurangi potensi berkembangnya bakteri. Begitu juga jika ingin mengambil santan cair, tapi cukup dengan air matang saja.

  • Masak hingga benar-benar tanak/masak

    Saat pertama kali masak, pastikan kamu membiarkan opor ayam matang benar, bukan hanya asal mendidih dan bumbunya sudah pas dan sedap. Tumis bumbunya hingga matang baru menuangkan bahan-bahan. Biarkan opor mendidih dan kuahnya agak berkurang kurang lebih 10 menit lamanya agar santan benar-benar matang sehingga tak mudah basi.

  • Hangatkan sebelum disantap

    Opor ayam dengan bumbu santan memang lebih enak jika disajikan hangat, tapi bukan itu tujuan utamanya. Menghangatkan makanan bersantan sebelum disantap bisa mencegah mudahnya makanan jadi basi.

  • Jangan diaduk setelah dihangatkan

    Jika sudah tak ada keluarga yang ingin makan opor lagi, saatnya menghangatkan makanan. Dan untuk opor ayam, setelah dihangatkan hingga tanak, jangan diaduk lagi. Kontak dengan benda asing atau udara dari luar setelah dihangatkan justru membuat opor basi.

  • Jangan menutup panci setelah dihangatkan

    Jika biasanya kamu suka menutup panci saat menghangatkan sayur agar cepat mendidih. Jangan lakukan ini pada makanan bersantan. Biarkan opor mendingin sendiri dalam suhu ruangan. Menutup opor ayam dengan tutup panci saat kuah masih panas juga bisa membuat opor basi karena udara yang terjebak di dalam.

  • Simpan dalam kulkas

    Jika opor akan ditinggal lama, setelah opor dihangatkan dan dibiarkan mendingin sendiri di suhu ruangan, tempatkan pada wadah plastik dan masukkan ke dalam kulkas yang paling dingin atau di dalam freezer.

Jadi, meskipun kamu sibuk menerima tamu dan menjamu keluarga yang datang ke rumah, jangan sampai kamu mengabaikan opor ayam di dapur ya. Makanan bersantan macam opor ayam juga butuh perlakuan khusus.

 

sumber : vemale.com

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *