Saat Haid Kok Jadi Lebih Sering BAB, Normal Nggak Sih?

Saat Haid Kok Jadi Lebih Sering BAB, Normal Nggak Sih?

Siklus haid kadang bikin seorang wanita galau. Biasanya ada banyak perubahan dan hal-hal tak biasa yang terjadi yang dirasakan oleh wanita di tubuhnya. Salah satunya adalah meningkatkan frekuensi buang air besar (BAB).

Meningkatkan frekuensi BAB saat haid ternyata merupakan hal yang normal, kok. Dilansir dari refinery29.com,penyebabnya tak lain adalah karena pengaruh kadar prostaglandin dan progesteron yang berubah saat kita sedang haid. Selengkapnya, yuk ikuti infonya berikut ini,

Prostaglandin yang Meningkat di Awal Siklus Haid

Prostaglandin memberi sinyal pada rahim untuk berkontraksi untuk meluruhkan dinding rahim. Dan terkadang, zat yang mirip hormon ini juga akan mempengaruhi organ-organ pencernaan di dekatnya, membuat perut gampang kembung dan bikin frekuensi BAB makin meningkat. Jadi itulah kenapa kadang di hari-hari awal haid, frekuensi BAB kita jadi meningkat.

Kadar Progesteron yang Meningkat

Progesteron merupakan hormon alami yang diproduksi oleh ovarium. Selama siklus haid, kadar progesteron akan naik, meningkat tajam sebelum haid lalu turun drastis. Hormon yang juga disebut hormon kehamilan ini memiliki efek yang “unik”, yaitu bisa mengatasi masalah sembelit. Sehingga BAB jadi lebih lancar.

Jadi kesimpulannya merupakan hal yang normal ketika haid kita jadi lebih sering BAB. Hanya saja kalau frekuensinya terlalu abnormal atau sampai bikin diare, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

sumber : vemale.com

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *