Pro dan Kontra Bekam

Pro dan Kontra Bekam

Pengobatan alternatif untuk merangsang aliran energi menjadi berita utama setelah perenang juara Olimpiade  Michael Phelps terlihat dengan tanda di tubuhnya saat berlaga di Rio de Janiero.

Bekam adalah terapi kuno dengan cara meletakkan cangkir yang dipanaskan di atas kulit bersamaan atau tanpa rempah-rempah tertentu di  sepanjang meridian tubuh,  untuk menciptakan daya hisap sebagai cara merangsang aliran energi.

“Mereka yang telah merasakan terapi ini, banyak mengaku kondisi tubuhnya terasa lebih enak dan nyaman,” kata Huiwen Zhang, seorang dokter Oriental di Oriental Medical Center.

Zhang mengatakan ia menerapkan bekam pada pasien untuk meningkatkan sirkulasi dan membantu kondisi kronis seperti arthritis.

“Beberapa orang menyukai dan beberapa orang tidak menyukainya karena mereka tidak suka pada tanda merah di kulit yang ditinggalkannya,” kata Zhang.

Bekam meninggalkan tanda lingkaran besar mirip dengan cupang pada tubuh seseorang. Phelps yang baru saja meraih medali emas untuk berenang di Olimpiade 2016, mengatakan dia berpaling ke bekam untuk meredakan nyeri otot.

Jadi jika Michael Phelps melakukannya dan memenangkan emas, apakah bekam memang terbukti bekerja sebagai pengobatan yang efektif?

“Jika saya punya kesempatan untuk berbicara kepada Phelps, saya akan memberitahunya bekam tidak melakukan apa-apa,’,” kata Dr. Dale Carrison, kepala pengobatan darurat dari University Medical Center.

Jadi, apakah bekam berbahaya? “Bekam bisa berbahaya karena bisa menyebabkan pembekuan darah,” kata Dr. Carrison.

Dr. Carrison juga mengatakan bekam hanya menarik darah ke kulit seperti cupang yang dihasilkan ketika ada orang mengisap leher Anda. “Pada kenyataannya, para remaja yang mendapat cupang dari pacarnya, tidak menjadi bertambah sehat.”  Carrison menyebut bekam sebagai ilmu palsu yang tidak memiliki pembuktian ilmiah.

Zhang mengatakan terapi oriental seperti ini berbeda dari obat tradisional karena bekam lebih mengarah kepada seni penyembuhan alami.

Di Amerika Serikat, ada pelatihan dan ujian negara untuk bisa menyandang gelar dokter Oriental dan bekam adalah bagian dari pelatihan itu. Namun, mereka tidak sama dengan dokter lulusan sekolah kedokteran modern.

Bagi Carrison, Phelps mengacu pada efek plasebo, yang berarti jika Anda percaya bekam bekerja maka bekam akan terasa bekerja.

 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *