Cara Mengatur Pola Tidur Bayi

Cara Mengatur Pola Tidur Bayi

Kurang tidur jadi masalah umum para ibu yang memiliki bayi baru lahir. Betapa tidak, seringkali ibu harus bangun di malam hari demi menemani Si Kecil yang mengajak bermain. Karena itu, ibu sebaiknya mulai memperkenalkan rutinitas tidur yang sehat di malam hari pada bayi. Rutinitas yang sederhana dan konsisten akan membantunya belajar kebiasaan tidur yang sehat yang akan berguna untuk masa depannya nanti.

Kenalkan waktu tidur yang teratur antara pukul 18:30-20:30 setiap hari. Biasanya, pada jam-jam ini, bayi sudah menjadi lelah. Terpenting, ciptakan rutinitas sebelum tidur untuk membantu Si Kecil tidur terlelap di malam hari. Rutinitas tidur yang konsisten dapat membantu mengatur jam tubuh bayi dan membantunya untuk membentuk pola tidur. Bayi ibu akan lebih santai jika dia tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Semakin santai bayi, semakin cepat dia akan terlelap.

JOHNSON’S® 3-Step Routine dari JOHNSON’S® baby memadukan waktu mandi dan pijatan, dua ritual utama yang membantu merangsang indra penciuman dan peraba pada bayi. Rutinitas ini juga bisa mempererat ikatan ibu dan bayi, menyiapkan bayi untuk tidur lebih nyenyak di malam hari agar perkembangan bayi dapat lebih optimal.

Berikut ini tiga langkah unik dari JOHNSON® baby sebelum tidur agar Si Kecil tidur lebih nyenyak.  Langkah-langkah ini telah teruji secara klinis dapat membantu bayi dan balita usia 7 sampai 36 bulan untuk dapat tidur lebih nyenyak hanya dalam waktu satu minggu.

Langkah 1 – Mandi air hangat

Mandi adalah cara yang sempurna untuk mengawali rutinitas sebelum tidur. Siapkan segala hal yang dibutuhkan sebelum Anda memulai sesi mandi. Pastikan airnya hangat. Tuangkan produk mandi seperti JOHNSON’S®BEDTIME® baby bubble bath and wash. Aromanya yang lembut bisa membantu menenangkan bayi dalam persiapannya untuk tidur.

Langkah 2- Pijatan lembut dengan lotion

Berikan pijatan yang lembut untuk membuatnya merasa nyaman dan dicintai sehingga bisa membantunya untuk tidur lebih nyenyak.  Penelitian menunjukkan bahwa memijat bayi memiliki manfaat kesehatan yang signifikan pada bayi. Momen ini juga bisa mendekatkan ikatan emosional ibu dengan bayi serta mendukung perkembangan bayi. Tuangkan sedikit baby oil atau lotion seperti JOHNSON’S® baby BEDTIME® baby lotion ke telapak tangan ibu lalu pijatlah bayi dengan lembut.

Langkah 3- Waktu tenang

Setelah memandikan bayi dengan air hangat dan memijatnya agar bayi rileks, berikutnya adalah membawanya tidur. Ciptakan suasana yang tenang dan nyaman di sekitar bayi.  Matikan TV atau suara-suara bising lainnya. Sebagai pengantar tidur, ibu bisa membacakan cerita atau bernyanyi pelan untuk membuatnya lebih santai sampai tertidur.

Rutinitas tidur seharusnya menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan sehingga bayi menyukai seluruh prosesnya. Jika bayi menangis atau merengek saat ibu tinggal pergi, kembali dan tinggallah selama beberapa menit sampai dia menjadi tenang kembali.

Usahakan jangan stres jika bayi tidak segera dapat mengadaptasi rutinitas tidur yang ibu  jalankan. Pasalnya, bayi  akan merasakan apa yang ibu rasa dan jadi ikut stres karenanya. Walhasil, dia akan semakin sulit tidur.

Berpegang teguhlah pada rutinitas sebelum tidur ini, bahkan ketika ibu  sedang tidak di rumah. Hal ini dapat membuat bayi lebih mudah untuk beradaptasi di lingkungan yang tidak dikenalnya.

 

sumber : http://meetdoctor.com/

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *