Tips Usir Derita Morning Sickness Saat Hamil Muda

Tips Usir Derita Morning Sickness Saat Hamil Muda

Morning sickness adalah gejala umum yang kerap dirasakan oleh para ibu hamil muda, terutama saat trisemester pertama. Bahasa awamnya adalah ‘mabuk’, sebab kala itu yang dirasakan memang mual-mual dan muntah mirip orang yang sedang mabuk. Adanya perubahan hormon yang dialami ibu hamil menjadi pemicu utama, walau ada pula wanita yang tidak mengalami gangguan ini sama sekali.

Mengalami morning sickness bisa sangat mengganggu kondisi fisik bumil dan janin, sebab makanan dan minuman bergizi sulit mereka konsumsi diakibatkan rasa mual yang terus mendera.

Untuk mengatasi dan cepat mengusir morning sickness, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan seperti dilansir laman Boldsky:

Lemon

Minum air perasan lemon atau mencium aroma lemon segar bisa membantu mengusir sensitifitas hidung yang sedang peka. Kala hamil maka hormon oestrogen meningkat pesat yang menyebabkan hidung peka sekali dengan bau-bauan yang tajam. Itu sebabnya bumil sering mual akibat mencium bau berbagai hal.

Minum

Minum adalah solusi mengatasi masalah dehidrasi, akibat seringnya muntah. Minum jus buah, air putih, susu, dan berbagai jenis minuman lain untuk membuat tubuh tak kurang cairan hingga pengaruh hormon tidak terlalu banyak memengaruhi.

Jahe hangat

Konsumsi jahe hangat pun dianjurkan, untuk menghilangkan rasa mual yang terasa. Minuman ini juga berkhasiat menghangatkan, juga menambah tenaga jika diberi tambahan madu.

Makan sedikit tapi sering

Makanlah makanan apa saja yang Anda bisa makan, namun sedikit-sedikit dengan frekwensi sering. Ini membantu asam lambung untuk tidak naik drastis dan menimbulkan muntah. Bagaimana pun Anda dan janin butuh energi untuk tumbuh dan berkembang bukan?

Semoga morning sickness Anda segera hilang, dan nikmati kehamilan dengan bahagia.

 

sumber : tips kesehatan

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *