Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Anda

Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Anda

Sahabat Sehat, sudahkah Anda tahu bahwa salah satu bagian tubuh yang paling penting adalah pencernaan. Sistem pencernaan adalah salah satu bagian yang penting dalam tubuh kita karena, dalam proses pencernaan, tubuh akan menyerap nutrisi yang dibutuhkan tubuh dari makanan yang kita makan. Karena itulah penting bagi kita untuk menjaga pola makan dan mengetahui makanan apa saja yang baik untuk tubuh kita. Semuanya demi menjaga kesehatan pencernaan kita.

Dalam menjaga kesehatan pencernaan, penting untuk Anda mengetahui makanan-makanan yang seharusnya lebih banyak dikonsumsi dan makanan-makanan apa yang seharusnya tidak dikonsumsi. Makanan berlemak dan makanan cepat saji atau junk food, misalnya, ada dalam daftar teratas makanan yang harus Sahabat kurangi dan bahkan mulai berhenti dikonsumsi. Selain tidak mengenyangkan, junk food juga mengandung pengawet, MSG, dan bahan-bahan kimia lainnya yang bisa berdampak buruk bagi tubuh jika terus dikonsumsi. Selain itu, junk food juga biasanya mengandung lemak yang berlebihan dan minyak yang akan membuat proses pencernaan menjadi lebih berat.

Minuman bersoda, alkohol, dan kafein ada di urutan berikutnya. Kafein memang baik untuk dikonsumsi, namun batasi konsumsinya, misalnya dalam sehari Sahabat hanya mengonsumsi 1 sampai 2 gelas kopi per hari. Sementara itu, gantikan minuman bersoda dan alkohol dengan air putih. Alkohol dan minuman bersoda dapat meningkatkan asam lambung sehingga proses pencernaan makanan di dalam labung menjadi terganggu. Sebaliknya, air putih justru membantu proses pencernaan karena mampu melarutkan racun dalam tubuh untuk dikeluarkan melalui urin serta membantu melembutkan tinja sehingga dapat menghindarkan Anda dari sembelit.

Untuk mendapatkan pencernaan yang sehat, Sahabat tidak boleh melewatkan konsumsi makanan berserat setiap hari. Serat berfungsi mengikat air sehingga dapat melancarkan pencernaan. Serat juga mampu merangsang aktivitas tubuh dalam mengeluarkan kotoran sehingga proses pencernaan juga menjadi lancar. Dengan rutin mengonsumsi makanan berserat, Sahabat juga bisa mengucapkan selamat tinggal pada sembelit dan wasir. Serat dalam makanan bisa Anda dapatkan dari sayuran dan buah-buahan. Dari sumber lainnya, Sahabat bisa mendapatkan serat dari suplemen serat alami, seperti GNT Fiber.

Jika Sahabat sudah menjaga pola makan dan asupan gizi dalam makanan, sentuhan terakhir yang tak boleh dilupakan adalah berolahraga. Sudah mengonsumsi makanan sehat, apa perlu olahraga juga? Tentu saja. Olahraga apa pun membuat tubuh bergerak lebih banyak. Hal ini dapat mendorong pencernaan bekerja sesua fungsi normalnya. Selain itu, ada kaitan antara kurang berolahraga dengan obesitas dan gangguan pencernaan, seperti diare dan rasa nyeri di perut. Karena itu, bergeraklah lebih banyak edngan berolahraga untuk menjaga agar pencernaan Anda tetap sehat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *