Tetap bugar meski duduk seharian di kantor

Tetap bugar meski duduk seharian di kantor

Duduk terlalu lama sepanjang hari telah menjadi musuh bagi kesehatan banyak orang, terutama mereka yang bekerja di dalam kantor. Duduk lebih dari tiga jam dalam sehari telah menyebabkan 433 ribu kematian di 54 negara.

Sementara itu, orang yang duduk lebih dari 10 jam dalam sehari berisiko mengalami kerusakan hati yang 10 persen lebih besar dari yang duduk kurang lima jam.

“Terlalu lama duduk dan minimnya aktivitas fisik, bisa menyebabkan penumpukkan lemak pada organ hati,” ujar Dr. Seung Ho Ryu, seorang profesor dari Kangbuk Samsung Hospital seperti dikutip Elsevier.

Untuk menjaga tubuh tetap bugar, dibutuhkan kira-kira waktu 30 menit aktivitas fisik sedang lima kali sehari. Atau, jika Anda tidak mempunyai banyak waktu, luangkan waktu 20 menit untuk melakukan aktivitas berat sebanyak tiga kali sehari.

Sayangnya, waktu yang dihabiskan di kantor selama 40-45 jam dalam sepekan sudah terlalu melelahkan untuk berolahraga di rumah. Untunglah ada berbagai alternatif yang bisa dilakukan agar tubuh tetap bugar meskipun selama di kantor Anda duduk sepanjang hari.

Rehat setiap jam

Berjam-jam duduk di kantor akan memberi pengaruh buruk bagi tubuh. Rehat akan membantu menjaga kinerja tetap meningkat. Sebuah penelitian yang diwartakan olehScientific American mengungkapkan bahwa terus menerus memusatkan perhatian pada pekerjaan akan menghabiskan energi sehingga orang merasa lelah.

Rehat singkat akan membuat Anda tetap bugar dan menghindarkan kelelahan fisik dan mental akibat bekerja terlalu lama.

Lakukan peregangan sambil duduk

Peregangan tanpa meninggalkan kursi bisa dilakukan untuk meminimalkan stres. Selain itu, menurut Mayo Clinic, peregangan juga akan memberikan manfaat bagi kesehatan. Istilah yang sering dipakai untuk peregangan tanpa meninggalkan tempat duduk adalah “Deskercise”.

Jangan gunakan elevator, naiklah ke lantai atas menggunakan tangga

Menurut sebuah penelitian, 10.000 langkah per hari bagus untuk kesehatan orang dewasa. Jumlah langkah sebanyak itu tentu akan sulit dilakukan jika Anda terus-menerus duduk sepanjang hari di kantor.

Jadi, jika ada kesempatan untuk ke lantai atas atau lantai bawah, gunakanlah tangga.

Bertemulah dengan rekan kerja, jangan andalkan teknologi

Sedikit banyak teknologi membuat Anda tidak banyak bergerak. Untuk bertemu dengan rekan kerja yang berada di ruangan sebelah pun seringkali Anda menggunakan fasilitas messenger yang ada di komputer atau telepon pintar.

Mulai sekarang, bangkitlah dari kursi dan melangkahlah ke ruangan sebelah untuk berkoordinasi dengan rekan kerja atau atasan. Bergeraklah jika ada kesempatan. Dengan cara ini, setidaknya Anda bisa memanfaatkan 20-30 menit waktu untuk bergerak dalam sehari.

Berdirilah sambil bekerja

Duduk lama memang tidak baik bagi kesehatan. American Medical Association bahkan meminta para karyawan untuk berdiri saat bekerja. Tren bekerja sambil berdiri sebaiknya diikuti. Bekerja sembari berdiri selama tiga jam setiap hari dapat membakar 3,6 kg lemak tubuh setiap tahun.

Minumlah banyak air

Kebiasaan minum banyak air tentu baik bagi kesehatan.

“Bayangkan air sebagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, dalam wujud cair, tanpa rasa, dan makanan. Semua adalah kebutuhan harian untuk mengganti air yang keluar dari tubuh setiap harinya,” ujar pakar diet Joan Koelemay, RD dikutip WebMD.

Berulang-ulang mengambil air minum memberi Anda kesempatan untuk bangkit dari kursi, bergerak dan berjalan menuju dispenser air. Selain itu, buang air kecil berulang kali juga membuat Anda bergerak dan berjalan menuju toilet.

Manfaatkan waktu makan siang

Jangan makan siang sambil duduk di meja kerja. Jika ada kesempatan, keluarlah dari ruangan menuju ke tempat makan. Bagi banyak pekerja kantoran, makan siang adalah kesempatan satu-satunya untuk meluruskan pinggang dan punggung setelah berjam-jam duduk tanpa bergerak.

Ganti kursi dengan sebuah treadmill

Kursi kerja memang dibuat nyaman agar Anda betah duduk berlama-lama. Namun, ada baiknya ada tidak terlena oleh kenyamanan tempat duduk.

Jika memungkinkan, gantilah kursi dengan sebuah treadmill yang memungkinkan Anda untuk tetap produktif sementara kaki dan badan bisa bergerak. Tidak semua perusahaan memberi kesempatan untuk mengganti kursi dengan treadmill, tapi tidak ada alasan untuk meminta dispensasi demi kesehatan karyawan.

Jangan gunakan kendaraan untuk pergi dan pulang kerja

Ya, tip ini memang tidak bisa diterapkan untuk semua orang. Tapi, jika memungkinkan, berjalan atau gunakan sepeda untuk pergi dan pulang ke tempat kerja. Jika memang harus menggunakan kendaraan umum, turunlah beberapa blok dari lokasi kantor. Gunakan kesempatan untuk berjalan agar Anda tidak terlalu banyak duduk.

Ikutilah klub kebugaran

Banyak kantor yang memberi kesempatan karyawannya untuk mengikuti olahraga seusai jam kantor. Yoga, zumba, golf, bowling bisa dimanfaatkan untuk membuat badan lebih bugar.

 

sumber : beritagar.id

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *