Perut Keroncongan, Belum Tentu Tanda Kamu Lapar Lho!

Perut Keroncongan, Belum Tentu Tanda Kamu Lapar Lho!

Jika perut tiba-tiba berbunyi, orang sering menghubungkannya dengan rasa lapar. Selama ini orang mengira kalau perut keroncongan atau berbunyi “kemerucuk” berarti tanda bahwa perut sedang lapar, padahal tak selalu lho.

Kenyataannya, perut berbunyi bukan selalu berasal dari perut atau lambung, tapi bisa berasal dari usus. Bunyi ini berasal dari gas yang dihasilkan dari makanan, bisa juga karena aktivitas gas dalam sistem pencernaan yang sedang mendorong makanan atau proses membersihkan usus dari makanan untuk dibuang.

Bahkan perut akan sering atau tiba-tiba berbunyi bahkan saat kamu sudah makan dan merasa kenyang. Perut akan lebih sering berbunyi ketika kamu makan makanan yang menghasilkan gas seperti ubi, dan sayuran seperti kol dan brokoli. Dan ini berarti ada gas yang perlu dikeluarkan dari tubuh, bukan pertanda kamu kelaparan.

Para ahli kesehatan menyarankan kamu sebaiknya mengurangi ngemil dan perbanyak minum saat perut kemerucuk seperti ini agar gas yang terjebak di dalam perut bisa dikeluarkan.

Terkadang memang susah dibedakan, namun tubuhmu akan merasakan perbedaannya kok, kapan perut berbunyi karena kamu lapar dan kapan berbunyi hanya karena sedang mencerna makanan.

 

sumber : vemale

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *