Jaga Mental Tetap Waras, Hiking Direkomendasi Para Dokter

Jaga Mental Tetap Waras, Hiking Direkomendasi Para Dokter

Alam bukan hanya menyediakan oksigen untuk manusia, namun juga menjadi obat bagi kesehatan fisik dan mental. Salah satu kegiatan alam yang banyak memberikan manfaat kesehatan adalah hiking.

Aktivitas yang didominasi dengan berjalan kaki, mendaki dan menuruni daratan ini bukan hanya menguji ketahanan kekuatan fisik namun juga membuat otakmu tetap waras. Menurut penelitian, ada banyak manfaat kesehatan mental yang kamu dapat dari hiking, beberapa di antara adalah berikut ini.

  • Melepas pikiran negatif

    Kamu yang kebanyakan berprasangka dan nggosip hal-hal buruk tentang orang harusnya pergi hiking. Karena menurut penelitian, hiking membantu melepaskan pikiran negatif dan segala perasaan buruk di hati. Hiking membantu otak tetap waras dari depresi dan kecemasan. Menikmati pemandangan juga membuatmu lebih tenang dan lebih banyak bersyukur.

  • Hiking tanpa gadget meningkatkan kreativitas

    Menurut penelitian Ruth Ann Atchley dan David L. Strayer, lepas dari gadget sejenak dan menikmati alam saat hiking mampu membuat otak bekerja lebih optimal dalam memecahkan masalah dan meningkatkan kreativitas.

  • Meningkatkan kesehatan fisik

    Ini sudah pasti, hiking bukan hanya menjadi olahraga kardio yang menjaga kesehatan jantung tapi juga jadi cara membakar kalori yang efektif. Menurut penelitian, hiking juga meningkatkan aktivitas otak dalam hal mengingat dan menyimpan memori.

Hiking jadi salah satu aktivitas alam yang sekaligus berfungsi sebagai terapi untuk kesehatan fisik dan mental. Itulah mengapa dokter menyarankan setiap orang untuk melakukan banyak aktivitas di luar ruang termasuk salah satunya yang terbaik adalah hiking.

 

sumber : vemale

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *