Terbukti, Kesal Mendengar Orang Mengunyah Tandanya Kamu Kreatif

Terbukti, Kesal Mendengar Orang Mengunyah Tandanya Kamu Kreatif

Sering merasa jengkel jika mendengar orang mengunyah makan dengan berisik? Kamu tidak aneh kok. Hanya saja, kamu memiliki tingkat kepekaan terhadap suara tertentu, kondisi didiagnosis disebut misophonia dan hal ini justru bagus, karena ternyata kamu sebenarnya orang yang kreatif.

Tak percaya kan? Tapi penelitian ilmiah mengatakan seperti itu. Para peneliti dari Northwestern University menemukan bahwa orang-orang yang hipersensitif terhadap bunyi-bunyi tertentu ternyata punya kecenderungan memiliki pikiran yang lebih kreatif dibanding mereka yang tidak.

Dalam penelitian tersebut, peneliti mengadakan survey pada 100 partisipan yang diminta menjawab beberapa pertanyaan dalam waktu tertentu. Para peneliti merekam bagaimana partisipan bereaksi terhadap suara-suara tertentu kemudian meminta mereka menyelesaikan tes kreativitas sebelum menarik kesimpulan.

Hasil studi menarik kesimpulan bahwa partisipan yang sensitif terhadap suara ternyata memiliki kreativitas yang tinggi. Semakin menyebalkan perasaan yang didapatkan ketika mendengar suara bising itu, semakin kreatif orang tersebut.

Suara mengunyah makanan, gesekan sterofoam, atau menyeruput yang keras membuat seseorang yang kreatif merasa kesal. Yang lebih menarik, para peneliti juga membandingkan hasil penelitian dengan kebiasaan beberapa orang berpengaruh seperti misalnya Charles Darwin, Anton Chekhov dan Marcel Proust yang ternyata juga memiliki sensitivitas suara yang sama.

Para jenius mengaku bahwa mereka lebih nyaman bekerja saat benar-benar tenang tanpa suara dan mereka juga sangat sensitif terhadap suara-suara kecil yang menurut mereka mengganggu.

Jadi, jika kebetulan kamu sedang bersebelahan dengan orang yang makanannya berisik, tarik nafas dalam-dalam dan ingatkan dirimu sendiri bahwa sebenarnya kamu lebih kreatif dan cerdas dari mereka. Jangan mudah kesal ya.

 

sumber : vemale

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *