Sering Kentut? Ini Penyebabnya

Sering Kentut? Ini Penyebabnya

Kentut, sesuatu yang kita alami setiap saat. Ada yang membuat hal ini jadi lelucon saat bersama teman, ada yang pura-pura tak tak mengentut dll. Apapun itu, mengentut adalah suatu reaksi tubuh yang normal.

Dikutip dari Mirror, Jumat (29/4/2016), secara rata-rata orang mengentut sebanyak 14 kali dalam sehari. Namun terkadang jumlah tersebut berlipat. Bahkan menimbulkan aroma tak sedap. Mengapa demikian?

Dokter ahli gastroenterology dari American College, Patricia Raymond kepada Refinery29 menjelaskan mengapa terkadang frekuensi kentut dapat lebih sering terjadi.

Ada alasan dibalik kejadian ini. Penelitian membuktikan ketinggian seseorang dari permukaan tanah mengakibatkan gas bertambah di seluruh tubuh. Akibatnya, gas di usus meningkat dan perut menjadi kembung.

Berada di Ketinggian
Apakah Anda pernah menyadari saat bepergian mengendarai pesawat, kuantitas kentut dapat lebih sering terjadi?

Ada alasan dibalik kejadian ini. Penelitian membuktikan ketinggian seseorang dari permukaan tanah mengakibatkan gas bertambah di seluruh tubuh. Akibatnya, gas di usus meningkat dan perut menjadi kembung.

Makanan Sehat

Tidak seluruh makanan yang kita konsumsi dapat dicerna dengan baik. Setiap makanan yang tak tercerna di usus kecil akan diteruskan ke usus besar untuk diolah.

Yang patut Anda ketahui, makanan sehat dapat menyumbang kentut yang bau. Buah, sayur, gandum utuh dan kacang-kacangan menghasilkan bau. Bawang, brokoli, bunga kol, kubus dan kecambah mengandung karbohidrat yang disebut raffinose. Makanan jenis ini sulit dicerna di lambung dan usus kecil.

Terlalu Banyak Udara
Ada dua sumber kentut manusia. Pertama yang diproduksi usus besar dan yang satu lagi udara yang kita telan dan masuk dalam saluran pencernaan.

Kabar baiknya, kentut yang disebabkan persoalan kedua tak berbau. Sementara ketut yang tak bersuara justru patut dicurigai karena aroma yang tak sedap dapat ditimbulkan.

Aerophagia merupakan ketut yang dihasilkan dari orang tersebut terlalu cepat makan, mengunyah permen karet atau minum minuman yang bersoda.

Penyerapan
Sekarang mengenai kentut yang tak bersuara tetapi menimbulkan dampak besar. Ketika Anda terlalu sering kentut, mungkin karena tubuh Anda memiliki masalah penyerapan nutrisi.

Setiap manusia memiliki reaksi berbeda untuk berbagai makanan, tetapi mayoritas kentut ini disebabkan gula dari karbohidrat yang mengandung laktosa.

Ada Sesuatu yang Lebih Serius
Kuantitas dan kualitas kentut berbeda setiap hari. Namun ketika mendapati diri Anda sering kentut, merasa ada gas maupun kembung di perut, merasa sakit dan timbul gejala lain, seperti diare atau sembelit, Dr Raymond menyarankan untuk segera menemui dokter.

Adapun kentut yang terlalu sering dan berbau busuk dapat menjadi indikator Anda mengalami suatu penyakit, seperti Irritable bowel syndrome (IBS) atau celiac. IBS merupakan gangguan pada sistem pencernaan yang menyerang usus besar dan akan hilang timbul selama bertahun-tahun atau bahkan seumur hidup. Sementara celiac adalah gangguan yang dimiliki beberapa orang terhadap makanan yang mengandung gluten.

 

sumber : solopos.com

Suka Marah pada Sesuatu yang Sepele, Segera Periksa Kesehatan

Suka Marah pada Sesuatu yang Sepele, Segera Periksa Kesehatan

Kesehatan adalah kekayaan paling berharga bagi manusia. Kesehatan menjadi aset penting dan harus menjadi prioritas pertama.

Anda mungkin sering bertanya-tanya tentang kesehatan yang dimiliki Anda. Secara sederhana, berikut ini bisa dilihat dari 12 tanda Anda memiliki kesehatan yang baik:

1. Jika bangun di pagi hari Anda merasa segar dan siap untuk menjalani hari, itu tandanya bahwa Anda memiliki kesehatan yang baik.

2. Ketika menaiki tangga dan napas Anda masih normal serta berbicara dengan normal, tanpa terengah-engah, itu artinya kesehatan Anda baik.

3. Ketika bekerja seharian dan masih memiliki energi serta semangat untuk memasak hidangan makan malam walaupun menu sederhana.

4. Jika Anda memiliki kulit tubuh yang bersinar atau cerah, tidak pucat.

5. Ketika Anda memiliki kuku yang kemerahan dan kuat.

6. Ketika sistem pencernaan Anda baik dan lancar dalam buang air besar, tidak sembelit.

7. Jika Anda memiliki gigi sehat sempurna yang indah dan percaya diri saat memberikan senyuman kepada orang lain.

8. Jika memiliki selera makan yang baik, tidak makan terlalu sedikit ataupun terlalu banyak. Itu menjadi tanda tubuh Anda dalam keadaan baik.

9. Ketika Anda tidak bersin saat orang-orang di sekitar Anda sedang pilek atau flu. Ini menjadi tanda bahwa kekebalan tubuh Anda dalam keadaan baik.

10. Jika Anda dapat mengatasi stres dan tidak sering cepat marah atau jengkel pada sesuatu hal yang sepele, itu artinya bahwa Anda sehat, terlebih sehat secara mental.

11. Kesehatan baik yang lain yang dapat dilihat adalah ketika tidak ada maslaah dalam kehidupan cinta dan seksual Anda bersama pasangan.

12. Jika tidak mengalami insomnia dan dapat tidur dengan nyenyak.

 

sumber : tribunnews.com

Tetap bugar meski duduk seharian di kantor

Tetap bugar meski duduk seharian di kantor

Duduk terlalu lama sepanjang hari telah menjadi musuh bagi kesehatan banyak orang, terutama mereka yang bekerja di dalam kantor. Duduk lebih dari tiga jam dalam sehari telah menyebabkan 433 ribu kematian di 54 negara.

Sementara itu, orang yang duduk lebih dari 10 jam dalam sehari berisiko mengalami kerusakan hati yang 10 persen lebih besar dari yang duduk kurang lima jam.

“Terlalu lama duduk dan minimnya aktivitas fisik, bisa menyebabkan penumpukkan lemak pada organ hati,” ujar Dr. Seung Ho Ryu, seorang profesor dari Kangbuk Samsung Hospital seperti dikutip Elsevier.

Untuk menjaga tubuh tetap bugar, dibutuhkan kira-kira waktu 30 menit aktivitas fisik sedang lima kali sehari. Atau, jika Anda tidak mempunyai banyak waktu, luangkan waktu 20 menit untuk melakukan aktivitas berat sebanyak tiga kali sehari.

Sayangnya, waktu yang dihabiskan di kantor selama 40-45 jam dalam sepekan sudah terlalu melelahkan untuk berolahraga di rumah. Untunglah ada berbagai alternatif yang bisa dilakukan agar tubuh tetap bugar meskipun selama di kantor Anda duduk sepanjang hari.

Rehat setiap jam

Berjam-jam duduk di kantor akan memberi pengaruh buruk bagi tubuh. Rehat akan membantu menjaga kinerja tetap meningkat. Sebuah penelitian yang diwartakan olehScientific American mengungkapkan bahwa terus menerus memusatkan perhatian pada pekerjaan akan menghabiskan energi sehingga orang merasa lelah.

Rehat singkat akan membuat Anda tetap bugar dan menghindarkan kelelahan fisik dan mental akibat bekerja terlalu lama.

Lakukan peregangan sambil duduk

Peregangan tanpa meninggalkan kursi bisa dilakukan untuk meminimalkan stres. Selain itu, menurut Mayo Clinic, peregangan juga akan memberikan manfaat bagi kesehatan. Istilah yang sering dipakai untuk peregangan tanpa meninggalkan tempat duduk adalah “Deskercise”.

Jangan gunakan elevator, naiklah ke lantai atas menggunakan tangga

Menurut sebuah penelitian, 10.000 langkah per hari bagus untuk kesehatan orang dewasa. Jumlah langkah sebanyak itu tentu akan sulit dilakukan jika Anda terus-menerus duduk sepanjang hari di kantor.

Jadi, jika ada kesempatan untuk ke lantai atas atau lantai bawah, gunakanlah tangga.

Bertemulah dengan rekan kerja, jangan andalkan teknologi

Sedikit banyak teknologi membuat Anda tidak banyak bergerak. Untuk bertemu dengan rekan kerja yang berada di ruangan sebelah pun seringkali Anda menggunakan fasilitas messenger yang ada di komputer atau telepon pintar.

Mulai sekarang, bangkitlah dari kursi dan melangkahlah ke ruangan sebelah untuk berkoordinasi dengan rekan kerja atau atasan. Bergeraklah jika ada kesempatan. Dengan cara ini, setidaknya Anda bisa memanfaatkan 20-30 menit waktu untuk bergerak dalam sehari.

Berdirilah sambil bekerja

Duduk lama memang tidak baik bagi kesehatan. American Medical Association bahkan meminta para karyawan untuk berdiri saat bekerja. Tren bekerja sambil berdiri sebaiknya diikuti. Bekerja sembari berdiri selama tiga jam setiap hari dapat membakar 3,6 kg lemak tubuh setiap tahun.

Minumlah banyak air

Kebiasaan minum banyak air tentu baik bagi kesehatan.

“Bayangkan air sebagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, dalam wujud cair, tanpa rasa, dan makanan. Semua adalah kebutuhan harian untuk mengganti air yang keluar dari tubuh setiap harinya,” ujar pakar diet Joan Koelemay, RD dikutip WebMD.

Berulang-ulang mengambil air minum memberi Anda kesempatan untuk bangkit dari kursi, bergerak dan berjalan menuju dispenser air. Selain itu, buang air kecil berulang kali juga membuat Anda bergerak dan berjalan menuju toilet.

Manfaatkan waktu makan siang

Jangan makan siang sambil duduk di meja kerja. Jika ada kesempatan, keluarlah dari ruangan menuju ke tempat makan. Bagi banyak pekerja kantoran, makan siang adalah kesempatan satu-satunya untuk meluruskan pinggang dan punggung setelah berjam-jam duduk tanpa bergerak.

Ganti kursi dengan sebuah treadmill

Kursi kerja memang dibuat nyaman agar Anda betah duduk berlama-lama. Namun, ada baiknya ada tidak terlena oleh kenyamanan tempat duduk.

Jika memungkinkan, gantilah kursi dengan sebuah treadmill yang memungkinkan Anda untuk tetap produktif sementara kaki dan badan bisa bergerak. Tidak semua perusahaan memberi kesempatan untuk mengganti kursi dengan treadmill, tapi tidak ada alasan untuk meminta dispensasi demi kesehatan karyawan.

Jangan gunakan kendaraan untuk pergi dan pulang kerja

Ya, tip ini memang tidak bisa diterapkan untuk semua orang. Tapi, jika memungkinkan, berjalan atau gunakan sepeda untuk pergi dan pulang ke tempat kerja. Jika memang harus menggunakan kendaraan umum, turunlah beberapa blok dari lokasi kantor. Gunakan kesempatan untuk berjalan agar Anda tidak terlalu banyak duduk.

Ikutilah klub kebugaran

Banyak kantor yang memberi kesempatan karyawannya untuk mengikuti olahraga seusai jam kantor. Yoga, zumba, golf, bowling bisa dimanfaatkan untuk membuat badan lebih bugar.

 

sumber : beritagar.id

Kondisi rambut cerminan kesehatan badan

Kondisi rambut cerminan kesehatan badan

Rambut lepek, rontok, berketombe atau menipis tak selalu berarti bahwa Anda kurang merawat rambut. Kondisi rambut tersebut bisa menjadi pertanda kondisi kesehatan tubuh. Ada sesuatu yang salah dengan tubuh Anda.

Times of India menyebutkan bahwa masalah ketidakseimbangan hormon, anemia dan masalah tiroid bisa dideteksi dengan melihat perubahan rambut. Kondisi rambut yang berbeda dari biasanya, misalnya rambut mulai kering dan rapuh, adalah pertanda kekurangan vitamin A, protein dan berisiko mengalami gangguan tiroid.

Ahli rambut dan kulit kepala, Philip Kingsley, dan ahli gizi, Dr Charlie Clifton, dilansir Daily Mail, mengidentifikasi kondisi rambut dan masalah kesehatan yang biasa dialami. Mereka juga menyarankan berbagai diet dan nutrisi terbaik untuk mendukung kesehatan rambut dan tubuh.

Jika mengalami masalah lambatnya pertumbuhan rambut, maka menurut Kingsley dan Clifton, ada ketidakseimbangan hormon dan kekurangan vitamin B dan C serta seng. Untuk mencegahnya, Anda disarankan lebih banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B dan C.

Itu semua bisa dilakukan dengan cara memilih menu sarapan dan mengonsumsi jus jeruk dengan roti bakar gandum.

Berikut ini kondisi rambut yang mesti Anda ketahui sebagai tanda tubuh sedang mengalami gangguan kesehatan dan kebutuhan nutrisi perlu dicukupi.

Rambut lepek dan berminyak

Rambut lepek dan berminyak kemungkinan disebabkan karena tubuh kekurangan zinc, asam folat dan vitamin B6. Kekurangan Zinc atau seng bisa mengakibatkan Anda kerap mengalami kelelahan.

Ini bisa diatasi dengan memperbanyak konsumsi bayam, protein hewani seperti daging, telur atau ikan, avokad, asparagus dan seledri.

Rambut bercabang

Tak hanya mengganggu penampilan, rambut bercabang pada ujung juga pertanda mengalami anemia. Gejala yang menyertai anemia, ditulis Wikihow, contohnya mudah merasa lelah, nyeri di dada dan palpitasi (detak jantung yang cepat).

Jika merasakan gejala itu, artinya Anda kekurangan zat besi, mangnesium dan vitamin B6. Konsumsi makanan seperti avokad, susu, sayuran hijau dan ikan bisa membantu untuk mencegah rambut bercabang. Anda bisa pula menambahkan suplemen makanan untuk atasi anemia.

Rambut kering dan rapuh

Rambut kering bukan berarti tak menggunakan kondisioner atau salah memilih sampo. Rambut kering dan mudah rontok merupakan tanda awal tubuh kekurangan nutrisi penting, seperti protein, vitamin A dan zinc serta lemak sehat.

Rambut rontok juga mengindentifikasi kalau tubuh menderita konstipasi yang disebabkan kurang mengonsumsi sayuran dan lebih banyak mengonsumsi makanan cepat saji. Akibatnya, rambut kekurangan nutrisi.

Bila terjadi berlarut-larut, rambut kering bisa pula disebabkan oleh masalah keseimbangan hormon tiroid.

Rambut kasar

Rambut kasar merupakan tanda kurang konsumsi protein, vitamin A dan kemungkinan adanya hipotiroid atau kekurangan hormon tiroid.

Kekurangan protein yang didapatkan dengan mengonsumsi daging merah, ayam, telur, tahu, ikan dan susu. Sementara itu vitamin A banyak terkandung dalam wortel, tomat, pepaya dan paprika merah.

Namun, jika penyebabnya karena hipotiroid, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Uban

Dikutip dari laman Everydayhealth, menurut ahli penyakit kulit, Paradi Mirmirani, MD, dari The Permanente Medical Group, Vallejo, California, stres, hormon tidak seimbang atau kurangnya asupan vitamin B dan asam folat menjadi pemicu uban muncul lebih awal.

Selain memperbaiki diet, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter.

Ketombe

WebMD menyebutkan, ketombe ditimbulkan akibat pertumbuhan jamur yang berlebihan di kulit kepala. Faktor risiko lain penyebab ketombe antara lain kulit berminyak, stres, obesitas, dingin, udara kering, dan penyakit eksim atau psoriasis.

Meskipun memalukan dan rasanya gatal, ketombe sebenarnya tidak berbahaya.

Ketombe menjadi pertanda kalau Anda kekurangan vitamin B dan asam lemak. Sebagai langkah pengobatan alami, sebaiknya perbanyak konsumsi ikan, khususnya salmon, mackerel dan tuna.

Sedangkan untuk mengatasi penumpukan ketombe bisa berkonsultasi ke dokter spesialis kulit.

 

sumber : beritagar.id

Emosi Merusak Kesehatan, Kendalikan dan Berikut Petunjuk Pakar

Emosi Merusak Kesehatan, Kendalikan dan Berikut Petunjuk Pakar

Sedikit-sedikit emosi? kendalikan emosi untuk menyelamatkan kesehatan bahkan nyawa Anda.

Meski emosi Anda tidak terlihat oleh alat medis paling canggih di dunia, emosi itu berimbas pada kesehatan.

“Emosi adalah fisiologis,” kata dr Karen Lawson, seorang asisten profesor komunitas kesehatan dan pengobatan keluarga di University of Minnesota di Amerika Serikat.

“Pemahaman bahwa tubuh kita terpisah dengan perasaan kita adalah sebuah kesalahan konsepsi.” katanya.

Artikel publikasikan menshealth, ini akan mengajak Anda akan mempelajari hubungan antara kemarahan dan sakit punggung, kesepian dengan tingginya tekanan darah, kecemasan dengan kepikunan – dan bagaimana caranya meredam emosi.

Masalah Anda: Amarah

Anda + marah = Sakit punggung

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Plain, saat amarah seseorang meledak, sakit punggung mereka bertambah hebat.

“Kemarahan diketahui dapat mengaktifkan jalur saraf yang menyampaikan tekanan mental kepada otot di sekitar tulang belakang,” ungkap Stephen Bruahl, PhD, dalam laporan penelitian yang ditulisnya.

Amarah yang bergejolak dapat dikaitkan dengan penyumbatan produksi endorfin yang membantu meringankan rasa sakit.

Solusi Anda: Mundur

Pertama-tama, kenali penyebab amarah tersebut. Apakah Anda bereaksi secara fisik? “Apa pun masalah Anda, gunakan hal tersebut sebagai petunjuk untuk menjauh, dan berperanlah seolah Anda seorang wasit,” kata psikolog Harvard, Jeff Snown, “cobalah untuk membuat keputusan yang tepat dengan mengamati interaksi secara objektif.”

Menurut penelitian di Universitas Negeri Ohio, Amerika Serikat,sikap menjauh ini dapat mengurangi kemarahan dan agresi.

Masalah Anda: Kesepian

Anda mungkin memiliki 2.000 teman di Facebook, tapi apakah mereka benar-benar sahabat Anda? Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Chicago, orang yang kesepian akan mengalami peningkatan tekanan darah lebih cepat selama empat tahun dibanding orang yang tidak kesepian.

Sebagai tambahan, orang yang terisolasi mengalami kenaikan tekanan darah yang cukup signifikan untuk meningkatkan risiko serangan jantung.

Solusi Anda: Membantu Sesama

Laki-laki mendapatkan kepuasan terbesar jika ikut dalam perkumpulan –dan itulah alasan kenapa ketika Anda berusia 20-an, hidup mulai terasa berat.

“Anda mulai kehilangan lingkaran sosial yang sudah Anda bangun di masa muda,” kata Louise Hawkley, Ph.D., seorang ahli saraf sosial di University of Chicago. Sarannya adalah: Menjadi sukarelawan. “Saat Anda bekerja dengan orang yang berpikiran serupa, persahabatan akan terbentuk secara alamiah,“ katanya.

Masalah Anda: Depresi

Bersedih mungkin adalah tanda kanker. Penelitian yang dilakukan Johns Hopkins di Amerika Serikat, orang yang mengalami gangguan depresi memiliki risiko kanker 69 persen lebih besar dibandingkan orang yang tidak depresi.

Seiring waktu, menurut penelitian yang ditulis Aiden Gross, Ph.D., suasana hati seperti itu dapat mengganggu hormon stres yang terlibat dalam pertumbuhan dan siklus regulasi sel.

Dan hal ini, berpotensi menyebabkan kanker.

Solusi Anda: Terima Kenyataan

Menurut penelitian yang dilakukan para ahli di Universitas Pennsylvania, orang yang kelewat percaya diri memiliki kemungkinan lebih besar terkena depresi.

Kepercayaan diri dapat mengakibatkan kekecewaan dan membutakan diri Anda untuk dapat berkembang.

Ketahui kelemahan Anda, dan biasakan diri Anda dengan kelemahan tersebut. Demikian ulas seorang peneliti asal Inggris.

Masalah Anda: Pesimis

Meramalkan yang terburuk dapat membuat Anda galau.

Pesimistis memiliki risiko stroke lebih tinggi daripada orang yang optimistis, tulis peneliti dari Finlandia.

Berdasarkan penelitian yang ditulis Hermann Nabi Ph.D., perasaan negatif yang terus-menerus dapat membahayakan pembuluh darah Anda dan mengganggu bagian sistem saraf yang mengatur detak jantung, pun meningkatkan kemungkinan terjadinya stroke.

Solusi Anda: Berpikiran Positif

Anda tidak mungkin selamanya optimistis tapi Anda juga tidak boleh menjadi seorang pesimis sejati.

Setiap pekan pilih bagian dalam hidup Anda –karir, kencan, atau bagian lain– dan bayangkan sepuluh tahun berikutnya jika semua berjalan baik-baik saja.

Latihan ini dapat meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan, kata para peneliti dari University of California di Riverside.

Masalah Anda: Kecemasan

Ketika tekanan meningkat, rasa cemas akan mengambil-alih tindakan Anda. Namun, jika Anda terus-menerus khawatir, kemungkinan besar Anda bisa menjadi gila.

Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa kecemasan dapat meningkatkan kemungkinan pikun.

Hal itu dikarenakan tekanan mental kronis, meningkatkan kadar glukokortikoid.

Dan kelebihan hormon ini dapat membunuh sel otak Anda serta mengerutkan pusat ingatan Anda.

Solusi Anda: Latih Otak

Lakukan resep ini di pusat kebugaran. Lakukan latihan kardio berintensitas sedang, setidaknya selama setengah jam, sebanyak tiga kali sepekan.

Jalan keluar termanjur adalah menyingkirkan pekerjaan Anda dan pindah ke Fiji. Jika Anda tidak mungkin memilih langkah itu, maka tenangkan diri Anda sejenak.

Tersenyum saat tertekan dapat menenangkan debar jantung Anda, kata peneliti dari University of Kansas, Amerika Serikat.

“Bahkan senyum yang tidak tulus –sama dengan ekspresi menggigit pensil– dapat melepaskan stres,” kata Jeff.

Demikian, semoga bermanfaat.

SUMBER : http://makassar.tribunnews.com/

4 Kandungan Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh

4 Kandungan Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Banyak orang yang kurang begitu suka makan bawang merah dengan alasan takut mulutnya menjadi bau, atau karena memang tidak suka dengan rasanya. Namun di sisi lain, dibalik segala kekurangannya, bawang merah menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Beberapa Kandungan Bawang Merah

Berdasarkan hasil penelitian, bawang merah memiliki beberapa kandungan penting yang jarang ada di sayuran atau bahan makanan lainnya. Kandungan-kandungan tersebut berperan untuk mempromosikan kesehatan tubuh yang lebih baik. Beberapa diantaranya adalah :

Quercetin

Bawang merah memiliki kandungan bernama quercetin yang bersifat antioksidan, anti-jamur, dan juga anti-inflamasi. Dengan adanya kandungan tersebut, bawang merah dipercaya bisa membantu mencegah terjadinya kanker. Selain itu, quercetin juga dinilai ampuh dalam menyembuhkan demam atau flu.

Allicin

Selain quercetin, terdapat juga kandungan allicin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Menurut penelitian, mengonsumsi bawang merah secara rutin diketahui bisa membantu menurunkan dan menjaga tekanan darah di titik normal. Selain itu, Allicin yang terkandung di dalamnya juga mampu membantu mengatasi ketombe.

Organosulphur

Studi menunjukkan bahwa bawang merah mengandung organosulphur yang tinggi, yaitu senyawa sulfur yang secara efektif dapat membantu mengatasi kanker lambung dan kanker prostat. Senyawa ini bisa menciptakan lapisan pelindung ketika tubuh bergerilya melawan kanker di kelenjar perut dan prostat.

Onionin A

Bumbu dapur yang sering dilibatkan dalam bermacam-macam masakan Indonesia ini diketahui juga mengandungOnionin A. Senyawa ini cukup efektif untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit yang disebabkan oleh berbagai penyakit. Adanya Onionin A diyakini mampu mengurangi rasa sakit baik itu permanen maupun sementara. Mengonsumsi bawang merah secara rutin juga akan membantu mengatasi alergi, asma, dan arthritis (radang sendi).

Maka dari itu, ada baiknya bagi anda yang tidak suka bawang merah mulai mempertimbangkan kembali untuk mencobanya. Untuk tahap awal, anda bisa melibatkannya pada masakan favorit anda, misalnya sate ayam. Umumnya sate ayam juga disertakan irisan bawang merah sebagai pelengkap. Anda juga bisa melibatkannya ke makanan-makanan lainnya.

via Health Kompas

Awas! Gemar Konsumsi Ikan Bakar Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Awas! Gemar Konsumsi Ikan Bakar Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Siapa yang tidak suka makan ikan? Apalagi, jika ikan ini disajikan dalam sajian yang lezat dan nikmat setelah digoreng atau dibakar. Saya yakin, semua orang akan sangat senang dan suka dengan sajian ini bukan? Tapi, kita tetap harus hati-hati dan tidak berlebihan konsumsi ikan khususnya ikan yang dibakar.

Dikutip dari laman livescience.com, penelitian terbaru menemukan bahwa orang yang makan ikan bakar lebih dari sekali dalam seminggu memiliki risiko terserang kanker payudara lebih besar 3 sampai 4 kali dari orang yang tidak makan ikan bakar. Kenapa hal ini bisa terjadi? Para ahli menyebutkan bahwa ikan yang diolah dengan cara dibakar mengandung bahan kimia yang disebut sebagai amina heterosiklik. Sebuah bahan kimia yang biasa terbentuk karena pemanasan protein di tempat terbuka yakni dengan cara dibakar atau dipanggang.

Perlu kita tahu, bahan kimia ini adalah salah satu bahan kimia atau senyawa yang menyebabkan kanker. Yang lebih mengejutkan dan menakutkan, bahan kimia ini merangsang tumbuhnya sel kanker di payudara atau sekitarnya. Dr Kala Visvanathan yang bekerja sebagai profesor epidemiologi dan onkologi di Johns Hopkins University menyebutkan bahwa sama dengan daging, ikan juga memiliki senyawa karsiogenik dan jika senyawa ini dibakar, hal ini akan mendorong pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Prof. Kala yang juga penulis untuk jurnal yang diterbitkan di American Association mengatakan, “Ikan juga berpotensi menyebabkan kanker ketika ia dimasak dengan cara dibakar. Protein yang dipanaskan di tempat terbuka (dibakar) lebih memungkinkan menyebabkan kanker.”

Dari penelitian ini, peneliti percaya bahwa bukan hanya gen atau faktor keturunan yang meningkatkan risiko kanker payudara dan ovarium dalam diri seseorang. Lebih jauh, ikan bakar juga bisa meningkatkan risiko kanker. Ini terjadi karena ikan bakar mengandung bahan kimia tertentu yang menyebabkan kanker payudara dimana kanker ini sering disebut sebagai estrogen-reseptor positif.

Dengan adanya temuan ini, para peneliti menyarankan kita semua agar tidak memperhatikan asupan nutrisi atau makanan yang sehat saja untuk dapatkan tubuh sehat dan terbebas dari risiko kanker. Cara pengolahan makanan juga sangat perlu diperhatikan dan dicari pengolahan yang paling aman serta sehat. Semoga, informasi ini bermanfaat dan kita semua bisa selalu memiliki tubuh sehat dan jauh dari berbagai risiko penyakit berbahaya termasuk risiko kanker payudara.

 

sumber : Vemale.com

Benarkah Stres dan Masalah Emosional Bisa Sebabkan Migrain?

Benarkah Stres dan Masalah Emosional Bisa Sebabkan Migrain?

NEW YORK — Di beberapa artikel kesehatan, tidak jarang kita menemukan asumsi yang menyebutkan adanya hubungan migrain dengan stres atau kondisi emosional yang dialami seseorang.

Namun, laman New York Times di salah satu rubriknya pada pekan ini menyatakan bahwa emosi perempuan tidak menyebabkan migrain.

Sang penulis di rubrik tersebut, Joanna Klein, berpendapat, migrain disebabkan oleh aktivitas otak yang abnormal, bukan karena gangguan emosi. Namun, hasil satu penelitian pada 2012 justru menyebutkan bahwa migrain memiliki kaitan dengan neurotisme (istilah medis untuk ketidakstabilan emosi).

Mana yang benar dari kedua pendapat tersebut? Apakah faktor emosional dan stres memang bisa menyebabkan migrain atau malah tidak sama sekali?

Pakar neurologi dari Mayo Clinic di Amerika Serikat, Profesor D Todd Schwedt, menuturkan, sebagian kalangan ahli ada yang menganggap istilah neurotisisme kini sudah usang dan tidak banyak membantu dalam menjawab berbagai persoalan tentang penyebab migrain.

“Migrain adalah gangguan neurologis dan bukan respons maladaptif terhadap stres,” ujar Schwedt, seperti dilansir dari Guardian, Jumat (22/4).

Dia mengungkapkan, ada kecenderungan genetis yang kuat dalam proses timbulnya masalah migrain pada seseorang. Menurut catatannya, sekitar 70 persen dari pengidap migrain memiliki anggota keluarga yang juga mengalami penyakit serupa.

Kendati demikian, kata Schwedt, mekanisme munculnya migrain sampai saat ini belum dapat dipahami sepenuhnya oleh para ahli. Sejauh ini, gangguan itu disinyalir sebagai bentuk perubahan listrik di sel-sel saraf yang tersebar di otak.

Ada beberapa buku yang mencoba mengupas patologi migrain. Beberapa di antaranya menyebut migrain timbul karena beberapa faktor, seperti stres, perubahan hormonal (saat menstruasi), kurang tidur, konsumsi alkohol, telat makan, dan pencahayaan lampu yang terlalu terang.

Akan tetapi, Schwedt tidak begitu sependapat dengan asumsi tersebut. “Jika seseorang tanpa migrain terkena stres tingkat tinggi, mereka tetap saja tidak akan mengalami rasa sakit pada salah satu bagian kepalanya. Jadi, kita sebaiknya tidak usah terjebak dulu dengan hubungan sebab-akibat semacam itu.”

 

sumber :  http://gayahidup.republika.co.id/

5 Herbal Ampuh Peredam Nyeri, Gantikan Pil Analgesik Anda

5 Herbal Ampuh Peredam Nyeri, Gantikan Pil Analgesik Anda

Ada Banyak alasan yang mendasar untuk menghindari konsumsi aspirin dengan meninggalkan pengobatan konvensional. Ibuprofen adalah jenis “non-steroid obat anti-inflamasi” (NSAID) yang digunakan secara luas sebagai obat penghilang rasa sakit. Ini telah dibuktikan efektif dalam menghilangkan rasa sakit, namun ada kemungkinan beberapa efek samping yang serius, termasuk perdarahan dan masalah jantung .

Banyak kajian tentang potensi bahaya yang ditimbulkan dengan mengkonsumsi aspirin atau ibuprofen secara teratur. Ibuprofen dan Aspirin secara riset telah dikaitkan dengan anemia, kerusakan DNA, penyakit jantung, gangguan pendengaran, hipertensi, keguguran dan bahkan kematian influenza (ini hanya 7 dari lebih dari 24 efek kesehatan yang merugikan yang berhubungan dengan hal tersebut.)

“Penggunaan dosis tinggi jangka panjang dari obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen atau diclofenac adalah ‘sama berbahaya’ dalam hal risiko serangan jantung sebagai penggunaan obat Vioxx, yang ditarik karena potensi bahaya nya.” – Reuters

Nah, Anda sudah tahu bahayanya mengapa tidak mencobapengobatan Herbal saja sebagai pengganti Aspirin dan ibuprofen? Brikut Herbal yang dapat meredam nyeri dan rasa sakit.

1. Willow putih (L. Salix alba),

Apa White Willow Bark Extract itu ? Willow putih (L. Salix alba), juga dikenal sebagai willow salisin, telah digunakan untuk kesehatan pada ribuan tahun yang lalu. Willow ekstrak kulit putih berisi salisin, suatusenyawa digunakan secara tradisional sebagai analgesik untuk menghilangkan rasa sakit. Beberapa spesies yang lebih dikenal dari keluarga willow asli Eropa, Asia, dan beberapa  bagian Amerika Utara willow putih / willow Eropa (Salix alba), willow hitam (Salix nigra), willow retak (Salix fragilis), willow ungu (Salix purpurea), dan menangis willow (Salix  babylonica).

Herbal ini mengandung zat yang disebut salisin yang mengubah asam salisilat ketika di perut. Asam salisilat adalah komponen utama Aspirin dan ketika digunakan secara sintetis memiliki efek iritasi pada lambung. Kulit pohon willow putih efektif dalam mengurangi rasa sakit, peradangan dan demam. Dosis yang disarankan adalah 1 sampai 2 tetes ekstrak willow .

2. Capsaicin /Cabai

Cabai termasuk ke dalam genus Capsicum yang mengandung senyawa capsaicin. Capsaicin adalah senyawa kimia yang membuat cabai memiliki citarasa pedas. Tapi, senyawa ini justru dapat meracuni saraf.Capsaicin mengikat molekul tertentu pada subkelompok neuron dalam sistem sensorik yang disebut “nociceptor”. Ketika dimakan, senyawa ini kan berikatan dengan reseptor nyeri di mulut dan kerongkongan sehingga menyebabkan rasa pedas.

Obat alamiah ini terutama digunakan secara topikal dan efektif dalam mengurangi nyeri  otot dan nyeri sendi dengan mengganggu dengan sintesa kimia dalam tubuh yang dikenal sebagai substansi P yang mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak. Hal ini sering ditemukan dalam bentuk gel atau krim dan datang dalam berbagai potentcies. Obat ini dapat digunakan tiga sampai empat kali sehari. cabai beberapa penggunanya telah memakainya dan merasa sakit yang menyengat mereda.

3 .Curcumin /kunyit

Juga disebut sebagai kunyit mengandung kurkumin dan dikenal sebagai obat penghilang rasa sakit yang kuat. Seperti cara kerja Capsaicin, kurkumin  membantu untuk memblokir sinyal rasa sakit yg berjalan berjalan ke otak. Penelitian telah menunjukkan bahwa curcumin efektif dalam menmblok rasa sakit, bahkan rasa sakit kronis dan efektif ketika mengobati rheumatoid arthritis. Satu dosis yang disarankan adalah 400 sampai 600 mg kurkumin diminum tiga kali sehari selama rasa sakit dan peradangan.

4. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 diketahui memiliki sifat anti-inflamasi dan telah terbukti sangat bermanfaat bagi orang yang menderita arthritis, kondisi sendi inflamasi lainnya dan penyakit radang usus, mereka juga dikenal untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Tidak hanya ini bermanfaat untuk orang dengan rheumatoid arthritis, yang membawa peningkatan risiko untuk penyakit kardiovaskular, tetapi juga membantu untuk menghentikan pembunuh nomor satu di dunia yakni sakit jantung. Dosis yang disarankan asam lemak omega-3 seperti minyak ikan adalah 1.000 mg per hari

5.Uncaria Tomentosa  /Tapak kucing/Gambir

Uncaria Tomentosa (dikenali dalam bahasa Inggeris sebagai Cat Claw, di Sepanyol sebagai Una de Gato atau nama India sebagai Vilcacora) ia adalah tumbuhan merayap berkayu yang ditemui di hutan tropika Amerika Selatan dan Tengah, yang menggambil namanya sempena durinya berbentuk seperti tapak kucing . Ia digunakan dalam rawatan alternatif untuk pelbagai penyakit. Genus Uncaria (Rubiaceae) telah terkenal dengan sifat perubatan dan terapeutik. Antara spesies Uncaria, paling banyak diterokai ialah Uncaria tomentosa Peru atau dikenali sebagai una de Gato (tapak kucing) yang dipercayai mempunyai kuasa penyembuhan ajaib. Ia telah digunakan secara meluas untuk rawatan asma, kanser, sirosis, demam, gastrik, kencing manis, penyakit sendi, disentri, radang saluran kencing dan banyak penyakit lain.

 

sumber : http://infoherbalis.com/

Minyak Zaitun, Minyak Alami Sejuta Khasiat :)

Minyak Zaitun, Minyak Alami Sejuta Khasiat :)

Minyak zaitun selama ini telah tersohor akan berbagai manfaat yang dikandungnya, tak terkecuali dalam bidang kesehatan dan kecantikan. Minyak yang berasal dari tanaman zaitun tersebut berasal dari daerah mediterania dengan intensitas cahaya yang tinggi sehingga menunjang pertumbuhan dari tanaman.

Menurut beberapa informasi, dalam 100 gram terkandung sejumlah nilai gizi diantaranya energi sebesar 3701 kJ, 100 gram lemak, 14 mg vitamin E (93% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa) dan 62 mg vitamin K ( 59 dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa).

Kandungan nilai gizi yang ada di dalam minyak zaitun mendorong munculnya beberapa manfaat yang dapat diperoleh, diantaranya adalah sebagai berikut:

Mencegah penuaan dini – Minyak zaitun yang notabene banyak mengandung antioksidan. Kandungan antioksidan tersebut sangat berpengaruh terhadap proses penuaan dini pada manusia. Selain itu, bahan ini juga mengandung zat linoleic acid yang membantu dalam mempertahankan kandungan air pada kulit terutama wajah, dengan begitu kelembaban kulit akan tetap terjaga sehingga munculnya keriput ada wajah dapat dimimalisir.

Memberikan kelembaban alami kulit – Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun sangat baik untuk memberikan kadar minyak alami pada kulit. Indonesia yang termasuk dalam daerah tropis, tentunya akan banyak menimbulkan permasalahan kulit terutama kulit kering bagi para  penduduknya. Cara yang ditempuh pun cukup sederhana yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun pada daerah kering seperti wajah setelah membersihkannya terlebih dahulu.

Anti inflamasi – Kandungan antioksidan jenis polifenol dalam minyak zaitun ternyata berguna melindungi  sel – sel kulit dari berbagai macam kerusakan. Kandungan polifenol inilah yang mengandung sifat anti inflamasi (peradangan).

Menghilangkan noda jerawat – Untuk menghilangkan noda bekas jerawat secara alami, cukup dengan memanaskan sebentar minyak zaitun yang Anda punya, kemudian oleskan pada wajah yang memiliki bekas jerawat membandel. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu Anda harus sabar dan melakuannya secara kontinu.

Mengecilkan pori–pori – Manfaat minyak zaitun bagi kecantikan selain untuk menghilangkan noda jerawat dapat juga  untuk mengecilkan pori–pori. Bagi para wanita, memiliki pori–pori yang besar tentu akan sangat mengganggu maksimalnya penampilan. Selain itu, memiliki pori–pori besar juga akan memperbesar kemungkinan timbulnya jerawat. Minyak zaitun boleh dijadikan alternatif untuk mengatasi permasalahn Anda tersebut.

Demikian beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi atau menggunakan minyak zaitun dalam bidang kecantikan dan juga kesehatan. Jangan lupa untuk selalu hidup sehat.

sumber : http://www.harianpost.co.id/