Bunda, Sering Galau Bisa Menyebabkan Sulit Hamil

Bunda, Sering Galau Bisa Menyebabkan Sulit Hamil

Semua orang memang pernah merasa galau, stres dan pikiran yang kalut. Perasaan ini pun bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari masalah hidup yang datang bertubi-tubi, pertengkaran dengan pasangan, orang tercinta atau keluarga hingga karena tehimpit masalah ekonomi dan lain sebagainya. Meski begitu, seberat apapun masalah yang dihadapi, disarankan agar tetap tenang dan nyaman dengan kondisi tersebut. Karena apa? Karena, jika kita sering merasa galau atau stres, hal ini tak hanya berpengaruh pada kesehatan psikis saja. Lebih jauh, hal ini juga sangat berpengaruh pada kesehatan fisik. Yang lebih menyedihkan lagi, galau berkepanjangan bisa membuat wanita susah hamil.

Dilansir dari laman indiatimes.com, para ahli menyebutkan jika wanita yang sering merasa galau dan mudah stres sangat berpotensi kesusahan hamil atau mendapat keturunan. Hal ini terjadi karena saat galau, suasana hati dan psikis tentu akan sangat tidak stabil. Sementara itu, kesehatan seseorang yang hamil sangat ditentukan oleh kondisi psikis yang tenang, stabil dan bahagia.

Tak hanya menyebabkan sulit hamil, sering galau juga stres akan meningkatkan potensi keguguran pada wanita yang sedang hamil muda atau bayi lahir prematur pada wanita yang sedang hamil tua. Penelitian yang dipublikasikan di sebuah Jurnal Kesehatan menyebutkan jika galau dan stres bisa mempengaruhi kesehatan psikis menjadi tidak stabil atau buruk. Sadar atau tidak, secara perlahan stres bisa memperburuk kesehatan psikis atau mental.

Saat kesehatan psikis buruk, ini akan sangat berpengaruh pada kesehatan fisik khususnya kesehatan reproduksi wanita. Saat kesehatan psikis menurun, saraf-saraf di tubuh pun akan mengalami perubahan dan tidak bekerja dengan baik. Hormon tubuh juga akan mengalami perubahan hingga membuat tubuh menjadi lemah, kurang bersemangat serta rentan mengalami kesusahan untuk hamil bagi wanita.

Courtney Denning Johnson Lynch, seorang direktur epidemiologi reproduksi di University Wexner Medical Centre Ohio State menyebutkan,

“Kami menemukan bahwa wanita yang sering galau atau mengalami stres tingkat tinggi memiliki kesempatan yang sangat rendah untuk hamil. Efek terpuruknya kesehatan psikis ternyata sangat berpengaruh besar pada kesehatan fisik khususnya untuk kesehatan reproduksi wanita. Kami sangat menghimbau agar setiap wanita yang sedang menjalankan program hamil untuk tidak terlalu galau, stres apalagi depresi.”

Sementara itu, Germanis Buck Louis dari Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health dan Human Development mengatakan, “Akan sangat rendah kemungkinan pasangan memiliki buah hati jika istri sering dihantui perasaan galau dan stres. Agar pasangan bisa segera memiliki buah hati dan istri cepat hamil, ia harus berusaha menjadi pribadi yang tenang, nyaman dan bahagia. Perasaan bahagia sangat berpengaruh pada meningkatkan kesempatan wanita untuk hamil.”

So Ladies, jika kamu ingin segera hamil, usahakan untuk tidak suka berlarut-larut dalam kesedihan, rasa galau atau stres ya. Tak hanya itu saja, kamu juga harus mau menerapkan pola hidup sehat, perbanyak konsumsi makanan yang bisa membantu kamu untuk cepat hamil dan jangan lewatkan kesempatan untuk memeriksakan diri ke dokter atau ahli kandungan. Semoga, informasi ini bermanfaat.

 

sumber : vemale

5 Hal yang Belum Anda Tahu Tentang Multiple Sclerosis

5 Hal yang Belum Anda Tahu Tentang Multiple Sclerosis

Multiple Sclerosis (MS) adalah penyakit autoimun yang menyerang sistem saraf pusat, terutama otak, saraf tulang belakang, dan saraf mata. Ini adalah penyakit jangka panjang yang memiliki ciri gangguan keseimbangan, penglihatan, kendali dan penyesuaian otot.

MS bisa menjadi penyakit yang membingungkan dan misterius. Gejalanya sering timbul tenggelam dan kerap sulit didiagnosa. Untuk lebih memahami gangguan yang satu ini, simak lima fakta mengenai MS berikut ini.

  • Tidak ada yang tahu apa penyebabnya.

    Multiple sclerosis menyerang lapisan pelindung saraf di otak dan sumsum tulang belakang dan berakhir di mata dan anggota tubuh lainnya. Tidak ada penyebab pasti yang sudah diketahui saat ini, tapi genetika pasti berperan. Jika salah satu orang tua Anda memiliki MS maka risiko.Nada naik sebesar tiga sampai empat persen. Dan jika Anda memiliki kembar identik risiko naik 30%.

  • MS lebih banyak menyerang di usia produktif

    MS adalah penyebab utama kecacatan neurologis pada orang muda. “Rata-rata usia penderitanya adalah 25 sampai 30, jadi kami menduga ada hubungan antara puncak kesuburan, hormon, dan sistem kekebalan tubuh,” kata Tanuja Chitnis, MD, seorang profesor neurologi di Harvard Medical School. Wanita dua kali lebih berisiko dibanding pria tapi jika pria sampai menderita MS, akan jauh lebih parah dari wanita.

  • Gejalanya sangat luas

    Gejala MS berbeda di setiap orang. Pada beberapa orang, MS dapat merusak saraf optik dan menyebabkan serentetan penglihatan ganda. Ada juga banyak variasi dalam keparahan gejala. Beberapa pasien mungkin mengalami serangan MS, diobati, dan kemudian menjadi baik-baik saja (setidaknya untuk sementara waktu). Sementara pada orang lain MS bisa memburuk dengan lebih cepat.

  • Bukan penyakit fatal.

    MS tidak mungkin membunuh Anda. Kebanyakan pasien memiliki harapan hidup yang normal dan akhirnya meninggal karena sesuatu yang sama sekali tidak berhubungan dengan MS. Tapi karena MS bisa mengganggu fungsi tubuh, pada gilirannya dapat menyebabkan depresi dan menimbulkan keinginan untuk bunuh diri.

  • Gejala cenderung menghilang dan muncul kembali bertahun-tahun kemudian.

    Ada empat jenis multiple sclerosis, 85 persennya timbul-tenggelam. “Beberapa pasien datang dan mereka bertanya-tanya, ‘Bagaimana saya bisa sangat sehat dan seperti tiba-tiba MS saya kambuh lagi?’ “cerita Farrah Mateen, MD, asisten profesor neurologi di Rumah Sakit Umum Massachusetts. Hal ini juga yang membuat MS sulit untuk didiagnosa.

Penyakit ini cenderung memburuk dengan usia, karena saat usia bertambah sistem saraf semakin tidak dapat memperbaiki dirinya sendiri juga. Banyak orang menderita gejala MS kambuhan tetapi kemudian gejala makin memburuk dengan cepat 10 sampai 20 tahun kemudian.

Sumber: meetdoctor

Jangan Malu! Kentut Bau Itu Sehat, Untukmu & Orang Di Sekitarmu

Jangan Malu! Kentut Bau Itu Sehat, Untukmu & Orang Di Sekitarmu

Kentut adalah reaksi alami yang terjadi pada tubuh dan setiap orang pasti kentut. Kentut bisa jadi hal lucu dan memalukan jika terjadi di depan umum, tapi ternyata kentut punya banyak sisi positif yang bukan hanya bermanfaat untuk dirimu sendiri, tapi juga orang di sekitarmu yang kamu kentuti, apalagi jika kentutmu bau.

Terdengar tidak sopan kan? Tapi itulah yang dikatakan secara ilmiah. Kentut adalah tanda bahwa tubuhmu mencerna serat makanan dengan baik, dan gas yang biasanya keluar dan menyebabkan bau adalah hidrogen sulfida dan ini manfaatnya.
Mencium kentut yang tak begitu bau membantu orang panjang umur

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mencium kentut bau bisa membantu membuatmu hidup lebih lama. Gas metana dari kentut sebenarnya bisa menurunkan risiko seseorang terserang penyakit, salah satunya demensia atau pikun. Penelitian dari Exeter University di Inggris menjelaskan bahwa kentut membantu mencegah kerusakan mitokondria pada tubuh.

Kentut super bau ternyata lebih sehat dan bermanfaat lebih banyak manfaat. Kentut yang semakin bau menandakan bahwa kamu makan makanan yang lebih sehat karena biasanya makanan berserat dan bernutrisi lah yang menghasilkan gas pada perut.

Tapi kentut bau juga bisa jadi tanda lain masalah pencernaan, seperti misalnya alergi susu, iritasi usus dan lain sebagainya. Tapi selama kamu tak punya keluhan dan makananmu sehat, tak perlu khawatir dengan kentut yang bau.

Tak perlu menahan kentut jika memang gas di perutmu minta dikeluarkan. Tentu tak sopan jika kentut di tempat umum, izinlah ke belakang dan keluarkan kentutmu. Meski begitu, kamu sekarang tahu bahwa kentut ternyata punya manfaat kesehatan, apalagi jika itu bau menyengat.

 

sumber : vemale

Sarapan 1 Jam Setelah Bangun Tidur? Ini Yang Akan Terjadi

Sarapan 1 Jam Setelah Bangun Tidur? Ini Yang Akan Terjadi

Kamu bisa saja terbangun karena merasa lapar di pagi hari, tapi umumnya orang terbangun dari tidur tidak akan langsung merasa lapar dan ingin makan. Tapi bagaimana jika kamu sarapan segera setelah bangun tidur? Ternyata punya banyak manfaat lho.

Sarapan menjadi salah satu waktu makan yang penting untuk semua orang, karena sarapan menjadi waktu “isi bensin” sebelum kamu melakukan aktivitas harian. Sarapan satu jam setelah kamu bangun tidur punya beberapa manfaat, ini manfaatnya.

  • Sarapan satu jam setelah bangun tidur akan membangun kadar gula tubuh dan insulin yang baik, membantu memulai metabolisme lebih baik.

    Karena metabolisme menurun saat tidur, sarapan menjadi starter untuk memulai metabolisme, dan akan lebih baik lagi jika makanan yang diolah dalam tubuh di pagi hari adalah sayur dan buah.

  • Ketika kamu tidak sarapan satu jam setelah bangun tidur, kemungkinan besar kamu akan makan makanan rendah nutrisi dan tinggi kalori menjelang siang karena perut merasa kelaparan.

    Kamu pasti pernah mengalaminya kan? Antara jam 8-11 siang adalah waktu rawan ngemil makanan tak sehat seperti keripik, roti, permen dan lain sebagainya. Karena tak sarapan dan perut sudah lapar, akhirnya kamu terjebak makan makanan tak bergizi. Ini yang membuatmu gemuk.

  • Penelitian menemukan bahwa makan satu jam setelah bangun tidur membantu meningkatkan suasana hati dan kinerja otak.

    Beberapa penelitian menganjurkan agar setiap orang sarapan karena sarapan ternyata punya pengaruh besar membuat mood-mu bahagia dan positif serta kinerja otak juga lebih baik dalam hal mengingat dan berkonsentrasi.

Kebanyakan orang melewatkan waktu sarapan, menggantinya dengan ngemil berbagai makanan tak sehat hingga datang waktu makan siang. Tapi jika kamu ingin tubuhmu sehat dan hidup lebih lama, biasakan sarapan dari sekarang ya, satu jam setelah bangun tidur.

 

sumber : vemale

Ingin Anak Pintar? Banyak Makan Buah Selama Hamil

Ingin Anak Pintar? Banyak Makan Buah Selama Hamil

pola-hidup-sehat-untuk-menurunkan-berat-badan

Setiap orang tua pasti ingin memiliki buah hati yang cerdas, sehat dan mengesankan. Sementara itu, untuk membuat buah hati atau anak menjadi pribadi yang cerdas, ada banyak hal yang bisa dilakukan orang tua sejak buah hati tersebut masih di dalam kandungan. Dan salah satu hal yang bisa dilakukan orang tua adalah konsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi baik buat kecerdasan buah hati.

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, para ahli menyebutkan jika agar anak pintar satu hal yang bisa dilakukan adalah banyak makan buah selama mengandung. Beberapa penelitian yang telah dilakukan ahli mengungkapkan jika ibu yang rajin dan rutin mengonsumsi beragam buah saat hamil terbukti melahirkan anak-anak yang cerdas, mampu berpikir dengan tenang dan mampu berpikir secara logis.

Para ahli di Kanada yang telah menguji perkembangan anak usia 1 sampai 5 tahun sebanyak 808 anak menemukan bahwa mereka yang ibunya rajin makan buah selama kehamilan memiliki otak yang cerdas dan lebih mudah menangkap pelajaran atau pun pengetahuan yang diberikan padanya. Sementara itu, beberapa ahli di Universitas menemukan bahwa anak yang lahir ibu yang rutin konsumsi buah selama hamil tak hanya cerdas saja. Lebih jauh, anak-anak ini juga memiliki fisik yang sehat dan sistem imun yang kuat.

Para ahli tersebut juga menyebutkan jika nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam buah mampu meningkatkan perkembangan otak bayi selama di kandungan. Meski makan buah selama kehamilan sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan otak dan membuat anak menjadi pribadi yang cerdas, menerapkan pola hidup sehat juga tetap harus dilakukan oleh ibu selama mengandung.

Makan buah saja tidak menjamin buah hati menjadi lebih cerdas jika pola hidup ibu bayi masih asal-asalan dan berbahaya bagi kesehatannya maupun kesehatan bayi. Agar buah hati lahir menjadi anak yang cerdas, ibu dan ayah bayi tetap diharuskan untuk melatih kecerdasan anak dengan berbagai hal.

Well, buat kamu yang sedang hamil, jangan lupa buat rutin makan buah dan selalu menerapkan pola hidup sehat ya? Semoga, informasi ini bermanfaat.

 

sumber : vemale

Awas! Polusi Udara Meningkatkan Risiko Bayi Lahir Meninggal

Awas! Polusi Udara Meningkatkan Risiko Bayi Lahir Meninggal

Ketika seorang wanita sedang hamil, sangat disarankan baginya untuk menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh, makanan maupun lingkungan. Karena apa? Jika ia tidak bisa menjaga kesehatan juga kebersihan di sekitarnya termasuk kesehatan lingkungan, hal ini bisa saja menyebabkan bayi di dalam kandungan tidak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Bahayanya lagi, hal ini juga memungkinkan adanya peningkatan risiko bayi lahir cacat hingga meninggal dunia.

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, penelitian yang dilakukan pada ahli di Amerika Serikat dan Inggris menyebutkan jika kondisi lingkungan yang kumuh dan polusi udara meningkatkan risiko bayi lahir cacat dan meninggal dunia. Penelitian yang dilakukan pada 1000 kehamilan di AS tahun lalu ditemukan bahwa 18,4 bayi lahir dalam kondisi meninggal akibat polusi udara. Polusi udara sendiri bisa berupa polusi asap kendaraan bermotor, limbah industri atau pun polusi lainnya.

Sementara itu, para peneliti di Denmark menyebutkan jika polusi udara juga bisa meningkatkan risiko bayi lahir cacat serta berat badan kurang. Tim peneliti dari University of Copenhagen menemukan bahwa jika konsentrasi polutan dalam udara meningkat sebanyak 4 mikrogram per meter kubik, hal ini bisa meningkatkan risiko bayi lahir dalam kondisi meninggal hingga 4 persen.

Risiko bayi meninggal saat lahir akan lebih besar jika sang ibu terlalu banyak menghirup udara yang mengandung polusi udara | Photo: Copyright asiantown.net
Risiko bayi meninggal saat lahir akan lebih besar jika sang ibu terlalu banyak menghirup udara yang mengandung polusi udara

Karena risiko yang sangat berbahaya ini, Dr Marie Pedersen seorang peneliti sekaligus penulis buku kesehatan ibu dan bayi mengatakan,
Kelahiran bayi dalam kondisi meninggal adalah suatu kondisi yang sangat menyedihkan dan mampu menjadi tragedi paling buruk buat seseorang khususnya orang tua bayi. Kami masih akan terus menindak lanjuti penelitian ini dan mengetahui secara pasti apakah benar polusi udara berperan besar dalam kematian bayi yang baru lahir. Jika memang hal itu 100 persen dibenarkan, ini menjadi pengetahuan baru buat kita semua. Kita pun bisa menghindari risiko ini dengan sangat baik dan terencana.”

Profesor Jouni Jaakola dari University of Oulu mengatakan, “Polusi udara memang tidak baik buat kesehatan. Baik itu kesehatan orang dewasa, anak-anak hingga bayi yang masih dalam kandungan. Untuk mencegah risiko bayi lahir dalam kondisi meninggal, setiap wanita hamil sangat disarankan untuk tinggal dan memperbanyak aktivitas di tempat atau daerah yang sejuk, masih banyak pohon dan tumbuhannya serta jauh dari kata polusi.”

Meski temuan ini cukup mengejutkan dan menakutkan, ibu hamil tak perlu khawatir akan hal ini. Selama tidak berada di tempat yang benar-benar kumuh dan polusi udaranya sudah sangat parah, hal ini masih baik-baik saja dan tidak berbahaya bagi kesehatan ibu maupun janin. Agar ibu dan bayi di kandungan sehat, pola hidup sehat tetap harus menjadi poin pertama yang harus diperhatikan. Istirahat, olahraga ringan dan minum air putih cukup jangan pernah dilewatkan.

Semoga, informasi ini bermanfaat.

sumber : vemale
Cegah dan Atasi Serangan Flu Dengan Minum Air Putih

Cegah dan Atasi Serangan Flu Dengan Minum Air Putih

Saat ini nampaknya menjadi salah satu musim yang membuat banyak orang terserang flu atau penyakit lain. Untuk flu, dipastikan bahwa semua orang pernah merasakannya. Flu sendiri merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus influenza dan bisa menyerang siapa saja baik itu anak kecil maupun orang dewasa.

Seperti yang dilansir dari laman dailymail.co.uk, serangan flu tak hanya membuat seseorang mengalami batuk dan pilek saja. Lebih jauh, flu yang tidak diobati atau dibiarkan saja bisa membuat penderitanya lebih mudah terserang berbagai penyakit berbahaya lainnya. Oh iya, untuk mengatasi atau mengobati flu sebenarnya nggak hanya bisa dilakukan dengan minum obat saja lho.

Mencegah dan mengobati flu bahkan bisa dilakukan dengan cara yang paling mudah yakni dengan perbanyak minum air putih. Dr David Lewis, seorang dokter ahli kesehatan telinga, hidung dan tenggorokan (THT) dari Amerika mengungkapkan bahwa minum air putih yang banyak selama flu bisa menyembuhkan flu tersebut.

Kira-kira, kenapa minum air putih bisa mengobati flu? Jadi begini, Dr Lewis mengungkapkan bahwa nutrisi yang terkandung di dalam air bisa membuat tubuh menjadi lebih kebal, sistem peredaran darah dalam tubuh bekerja dengan baik dan virus maupun bakteri penyebab flu dapat keluar dari dalam tubuh lewat air yang dikeluarkan tubuh baik itu lewat air kencing atau lewat keringat.

Dalam survei yang dilakukan terhadap 2 ribu partisipan oleh beberapa ahli kesehatan ditemukan bahwa mereka yang kekurangan cairan dalam tubuh akan lebih mudah terserang penyakit dan terserang virus flu. Partisipan yang hanya minum air putih sebanyak 3 sampai 5 gelas perhari rentan mengalami pilek atau batuk dan sakit tenggorokan. Sementara partisipan yang rutin minum 8 gelas atau lebih perhari diketahui lebih sehat baik dari segi fisik maupun psikis.

Para ahli menyebutkan jika asupan air putih yang cukup tak hanya bisa mengobati flu. Lebih jauh, hal ini juga akan membuatnya terhindar dari flu. Ini juga akan membuatnya memiliki pikiran yang lebih tenang serta fokus. Dibandingkan dengan minuman yang mengandung rasa, kopi atau teh, Dr Lewis menyebutkan bahwa air putih adalah minuman paling menyehatkan dan menyegarkan.

Sebaiknya, seseorang minum air putih sebanyak 8 gelas perhari. Tapi, ia juga boleh minum kurang dari 8 gelas perhari selama ia mengkonsumsi sayur dan buah dengan cukup. Selain minum air putih, kunci sehat dan terhindar serta sembuh dari flu adalah memiliki pola hidup sehat, istirahat cukup dan olahraga secara rutin. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

sumber : vemale

Terbukti, Kesal Mendengar Orang Mengunyah Tandanya Kamu Kreatif

Terbukti, Kesal Mendengar Orang Mengunyah Tandanya Kamu Kreatif

Sering merasa jengkel jika mendengar orang mengunyah makan dengan berisik? Kamu tidak aneh kok. Hanya saja, kamu memiliki tingkat kepekaan terhadap suara tertentu, kondisi didiagnosis disebut misophonia dan hal ini justru bagus, karena ternyata kamu sebenarnya orang yang kreatif.

Tak percaya kan? Tapi penelitian ilmiah mengatakan seperti itu. Para peneliti dari Northwestern University menemukan bahwa orang-orang yang hipersensitif terhadap bunyi-bunyi tertentu ternyata punya kecenderungan memiliki pikiran yang lebih kreatif dibanding mereka yang tidak.

Dalam penelitian tersebut, peneliti mengadakan survey pada 100 partisipan yang diminta menjawab beberapa pertanyaan dalam waktu tertentu. Para peneliti merekam bagaimana partisipan bereaksi terhadap suara-suara tertentu kemudian meminta mereka menyelesaikan tes kreativitas sebelum menarik kesimpulan.

Hasil studi menarik kesimpulan bahwa partisipan yang sensitif terhadap suara ternyata memiliki kreativitas yang tinggi. Semakin menyebalkan perasaan yang didapatkan ketika mendengar suara bising itu, semakin kreatif orang tersebut.

Suara mengunyah makanan, gesekan sterofoam, atau menyeruput yang keras membuat seseorang yang kreatif merasa kesal. Yang lebih menarik, para peneliti juga membandingkan hasil penelitian dengan kebiasaan beberapa orang berpengaruh seperti misalnya Charles Darwin, Anton Chekhov dan Marcel Proust yang ternyata juga memiliki sensitivitas suara yang sama.

Para jenius mengaku bahwa mereka lebih nyaman bekerja saat benar-benar tenang tanpa suara dan mereka juga sangat sensitif terhadap suara-suara kecil yang menurut mereka mengganggu.

Jadi, jika kebetulan kamu sedang bersebelahan dengan orang yang makanannya berisik, tarik nafas dalam-dalam dan ingatkan dirimu sendiri bahwa sebenarnya kamu lebih kreatif dan cerdas dari mereka. Jangan mudah kesal ya.

 

sumber : vemale

Menurut Studi, Diet Garam Tingkatkan Risiko Stroke dan Jantung

Menurut Studi, Diet Garam Tingkatkan Risiko Stroke dan Jantung

Beberapa studi sebelumnya menyebutkan bahwa ketika seseorang ingin memiliki tubuh yang sehat, berat badan ideal dan terhindar dari berbagai risiko penyakit, satu cara yang bisa dilakukan adalah mengurangi konsumsi garam atau diet garam. Tapi nih ya, dikutip dari laman asiantown.net, para ahli baru saja menemukan penemuan yang mengejutkan terkait diet garam.

Para ahli yang melakukan penelitian di Universitas McMaster dan Hamilton Health Sciences menemukan temuan mengejutkan terkait diet garam. Para ahli yang telah melakukan penelitian terhadap 130 ribu orang menemukan bahwa mereka yang melakukan diet garam justru lebih rentan dan berisiko menderita stroke maupun jantung. Para ahli menemukan bahwa kondisi garam yang kurang dalam tubuh justru akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun.

Dr Andrew Mente, seorang penulis di bidang kesehatan sekaligus profesor epidemiologi klinis dan biostatik di McMaster’s Michael G. DeGroote School of Medicine mengatakan,

“Diet garam akan baik dilakukan oleh mereka yang memang memiliki riwayat darah tinggi dalam hidupnya. Tapi, bagi mereka yang tidak memiliki riwayat darah tinggi, diet garam justru membahayakan kesehatan. Konsumsi garam dalam jumlah di bawah rata-rata justru akan meningkatkan risiko stroke dan jantung.”

Asal kita tahu saja, asupan garam rata-rata seseorang menurut ahli kesehatan adalah 3 sampai 3,5 gram. Lebih atau kurang dari itu kemungkinan besar akan menyebabkan seseorang rentan terhadap beberapa penyakit. Tapi, tenang saja, para ahli mengungkapkan bahwa kebutuhan garam atau natrium dalam tubuh satu orang dengan lainnya tidak sama. Bisa saja ia memerlukan asupan garam yang lebih tinggi atau lebih rendah.

Dr Martin O Donnell, seorang penulis di bidang kesehatan sekaligus profesor klinis di asosiasi di Universitas McChaster dan National University of Ireland Galway mengungkapkan,

“Penelitian ini telah menambahkan pengetahuan kita mengenai kebutuhan garam yang diperlukan tubuh. Ini juga memberi tahu kita tentang hubungan garam atau natrium dengan kesehatan. Kita kini semakin tahu bahwa kelebihan juga kekurangan konsumsi garam sama-sama tidak baik buat kesehatan.”

Sementara itu, untuk mengetahui hasil penelitian yang lebih baik dan terpercaya, para ahli di berbagai negara seperti Amerika, Kanada dan Inggris sedang melakukan penelitian lebih lanjut. Semoga, penelitian ini bermanfaat. Mengetahui penelitian ini, usahakan untuk tidak terlalu banyak konsumsi garam ya. Usahakan pula untuk tidak kekurangan konsumsi garam.

 

sumber : vemale

Studi: Menggambar Bisa Tingkatkan Kemampuan Memori Otak

Seiring dengan bertambahnya usia dan semakin banyaknya hal yang harus dipikirkan, tidak jarang hal ini akan membuat kemampuan memori otak menurun. Tapi nih ya, kamu nggak perlu khawatir bakal mengalami penurunan otak saat dewasa atau tua kelak. Dengan memastikan melakukan pola hidup sehat, selalu bahagia, menghindari stres dan jujur, bisa saja kemampuan memori otak akan baik-baik saja.

Selebihnya, dikutip dari laman asiantown.net, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan memori dan menjaga performanya agar selalu baik adalah dengan menekuni aktivitas menggambar. Para ahli yang mempublikasikan hasil studi mereka di Journal of Experimental Psychology menyebutkan bahwa menggambar adalah salah satu aktivitas yang bisa bikin memori otak lebih rileks, selalu baik dan mengesankan.

Jeffrey Wammes, seorang ahli yang telah melakukan penelitian menyebutkan bahwa orang-orang akan lebih mudah mengingat gambar jika dibandingkan dengan mengingat tulisan atau suara. Wammes mengatakan, “Karya seni lukis ataupun kaligrafi memiliki efek yang lebih baik untuk meningkatkan kemampuan memori otak. Gambar biasanya akan lebih mudah diingat jika dibandingkan dengan tulisan atau suara. Gambar juga akan membuat seseorang mengingat berbagai hal yang mengesankan.”

Gambar akan lebih mudah membuat seseorang mengingat jika dibandingkan dengan tulisan atau suara | Photo: Clpyright asiantown.net
Gambar akan lebih mudah membuat seseorang mengingat jika dibandingkan dengan tulisan atau suara

“Tanpa disadari, aktivitas menggambar telah melatih otak untuk berpikir lebih keras mengenai apa yang akan ia gambar. Menggambar juga telah melatih otak untuk mengingatkannya akan berbagai hal yang sederhana hingga paling rumit. Menariknya lagi, menggambar juga telah melatih otak seseorang untuk berpikir lebih kreatif. Ketika otak sering dilatih inilah yang membuat performanya meningkat dengan baik dan mengesankan.” Lanjut Wammes.

Meski para ahli dan peneliti mengungkapkan bahwa menggambar bisa meningkatkan kemampuan memori otak, menggambar saja tidak cukup untuk meningkatkan kemampuan memori. Para ahli juga menyarankan agar kita memiliki pola makan sehat, istirahat cukup, olahraga cukup dan melatih otak dengan latihan lain seperti halnya menulis, mengerjakan soal berhitung dan masih banyak lagi.

Hasil penelitian yang menarik ya. Semoga informasi ini bermanfaat.