Puasa Langsing, Lebaran Kok Tubuh Makin Lebar? Ini Penjelasannya

Puasa Langsing, Lebaran Kok Tubuh Makin Lebar? Ini Penjelasannya

Pola makan dan gaya hidup sehat selama Ramadan membuat tubuh kita sehat. Namun ketika hari raya lebaran Idul Fitri datang, pola makan yang sehat ini pun berubah. Karena itulah, maka tak jarang setelah lebaran berat badan langsung naik.

Naiknya berat badan saat lebaran biasanya dipicu karena konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak. Seperti yang kita tahu, setiap melakukan silaturahim dipersilahkan untuk makan besar.

Sehingga dikarenakan adanya perubahan sikap dan perilaku selama lebaran dan juga ditunjang dengan menu makanan yang rata-rata berlemak, maka biasanya berat badan akan ikut naik secara otomatis.

Supaya berat badan kita tetap ideal dan tetap langsing setelah lebaran, ada baiknya anda perhatikan beberapa menu diet lebaran sehat berikut ini untuk menjaga agar tubuh tetap sehat :

  1. Jangan makan kuah. Sebisa mungkin jika anda tetap ingin menyantap gulai, rendang ataupun ketupat dan opor ayam, jangan makan juga kuahnya. Anda cukup makan daging yang tanpa gajih atau lemak dan hindari juga makan kulit ayam karena bamnyak mengandung lemak.
  2. Jangan Makan Gorengan. Sebaiknya ganti alternatif selain memasak dengan cara menggoreng dengan cara direbus, dikukus, disteam atau anda bisa juga coba yang lebih tradisional seperti dipepes.
  3. 4 Buah Setiap Hari. Lebih baik menyajikan buah-buahan segar yang siap untuk dipotong-potong dari pada buah-buahan yang dicampur dengan minuman es buah yang tentunya pasti ada tambahan gula yang bisa meningkatkan kalori.
  4. Minum Air Putih Lebih Banyak. Jangan anda minum minuman seperti soft drink, minuman sirup buah dan minuman yang banyak mengandung gula lainnya. Perbanyak minum air putih pada saat anda selesai makan.
  5. Beras Merah. Sebaiknya anda mengganti nasi putih anda dengan nasi yang berasal dari beras merah, karena beras merah punya tinggi serat dan kalorinya rendah sehingga sangat baik bagi penderita diabetes.
  6. Olahraga. 30 menit saja melakukan olahraga seperti jalan kaki sampai berkeringat sudah cukup untuk membakar kalori agar tubuh selalu terjaga dan berat badan tetap langsing dan ideal.

Ladies, demikian tisps dari dr. Deffy untuk anda. Selamay mencoba.

Sumber: meetdoctor

Cara Bijak Memanfaatkan Uang THR

Cara Bijak Memanfaatkan Uang THR

Dua pekan menjelang lebaran merupakan momen-momen yang ditunggu bagi para karyawan. Selain menantikan hari yang fitri itu, ada ketentuan dari pemerintah mengenai kewajiban perusahaan untuk memberikan uang tunjangan hari raya yang jumlahnya cukup lumayan untuk membantu memenuhi kebutuhan hari raya yang biasanya semakin meningkat dari hari biasanya. Meskipun itu adalah bonus cuma-cuma yang diberikan oleh pihak perusahaan, akan tetapi alangkah baiknya kita bisa memaksimalkan uang tunjangan hari raya tersebut dengan bijak dan jangan sampai uang tunjangan tersebut lenyap lebih dahulu sebelum hari raya tiba. Lebih baik lagi, kalau kita bisa memaksimalkan uang tunjangan tersebut untuk keperluan produktif atau investasi masa depan.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang strategi dan cara bijak memanfaatkan uang tunjangan hari raya, terlebih dahulu kita akan membahas tentang siapa saja yang berhak mendapatkan THR. Ada pengumuman sangat penting dari Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi yang ditetapkan pada tanggal 8 Maret 2016, bahwa karyawan dengan masa kerja satu bulan sudah berhak untuk menerima THR. Hal tersebut tercantum dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 6/2016 tentang Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Tentu saja hal ini menjadi kabar yang sangat menggembirakan mengingat sebelum keluarnya peraturan tersebut para karyawan hanya bisa mendapatkan THR setelah menempuh masa kerja tiga bulan. Jadi bagi Anda yang baru menjadi karyawan sebuah perusahaan meskipun status Anda masih percobaan, training atau kontrak, jika sudah melewati satu bulan Anda bekerja di perusahaan tersebut, Anda berhak untuk mendapatkan THR.

Mengingat banyaknya ditemukan kasus bahwa perusahaan tidak mau membayarkan THR, sekarang Anda bisa lebih tenang, karena THR itu wajib dibayarkan berdasarkan ketentuan di atas. Apabila perusahaan terkait tidak mau memberikan Tunjangan Hari Raya, maka perusahaan tersebut akan dikenakan konsekuensi baik itu berupa sanksi administratif atau denda. Sebagai karyawan semestinya Anda sudah memahami betul tentang aturan tersebut karena sudah disosialisasikan kepada serikat buruh atau perkerja, asosiasi pengusaha dan pemerintah. Jika Anda belum menerima informasi tersebut Anda juga patut untuk mempertanyakan perusahaan di mana Anda bekerja.

Bagi Anda karyawan baru, mungkin Ada pertanyaan: kira-kira berapa jumlah THR yang akan saya terima? Ini sudah menjadi pertanyaan umum dan terkadang kita suka khawatir tentang jumlah THR yang akan kita terima. Meskipun THR sifatnya merupakan hadiah atau upah di luar gaji, maka ada cara khusus untuk menghitung jumlah uang Tunjangan Hari Raya. Bagi Anda yang sudah menempuh masa kerja di atas 1 tahun, maka cara menghitungnya sangat mudah dan pasti Anda akan menerima THR setara dengan gaji 1 bulan penuh. Lantas, bagaimana jika Anda masih mempunyai masa kerja di bawah 1 tahun? Berikut ini adalah rumusnya:

Jumlah Masa Kerja /12 bulan X jumlah gaji 1 bulan

Sebagai contoh sekarang posisi Anda adalah karyawan yang baru bekerja 2 bulan di sebuah perusahaan dengan gaji Rp 2 juta. Maka perhitungan THR nya adalah: 2/12X2.000.000 = Rp. 333.333. Jadi Anda akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya sekitar Rp. 300 ribuan.

Pertanyaan selanjutnya setelah mendapatkan THR adalah bagaimana cara bijak memanfaatkan uang Tunjangan Hari Raya? Meskipun jawaban dari pertanyaan tersebut lebih bersifat relatif tergantung dengan pribadi masing-masing, akan tetapi strategi-strategi berikut ini akan membantu Anda jika memang Anda ingin menggunakan THR dengan sebaik mungkin.

Buat Rencana Pengeluaran viastrategymagazine.com

Sesuai dengan namanya, THR memang ditujukan untuk menutupi kekurangan dana dalam memenuhi kebutuhan hari raya yang tentu saja melonjak drastis. Maka dari itu setidaknya Anda sudah harus mempersiapkan rencana pengeluaran untuk keperluan hari raya. Ini mungkin sangat sulit dilakukan oleh kaum wanita. Karena kalau sudah masuk ke dalam pusat perbelanjaan, mereka cenderung untuk berambisi memborong semuanya. Apalagi saat musim lebaran, banyak pusat perbelanjaan banjir diskon.

Oleh karena itu, persiapkan rencana tersebut di dalam bentuk daftar belanja. Mulai dari libur lebaran Anda sudah bisa mempersiapkan kebutuhan apa saja yang harus dicatat. Selalu ingat prioritas kebutuhan dan jangan sampai menuruti keinginan, karena dengan menuruti keinginan, maka Anda bisa mengalami karena uang THR sudah habis, dan bahkan sangat mungkin jika Anda terlalu boros Anda harus menutupi minus belanja hari raya. Oleh karena itu fokuskan uang THR untuk keperluan lebaran dengan menggunakannya secara wajar dan tidak terlalu boros dalam berbelanja.

Bayar Kewajiban viamichiganautolaw.com

Tidak ada salahnya ketika Anda masih mempunyai hutang, prioritaskan dulu THR tersebut untuk setidaknya meringankan beban Anda. Momen ini sangat tepat jika Anda gunakan untuk mengurangi beban hutang karena uang THR tersebut merupakan dana yang terpisah dari anggaran Anda selama ini. Sebagai konsekuensi Anda tidak bisa belanja lebih banyak menjelang lebaran, akan tetapi Anda sudah meringankan kondisi keuangan dan ini sangat menguntungkan.

Investasi viainsurancenmoney.com

Strategi ketiga ini cocok bagi Anda yang memiliki kondisi keuangan yang baik dan sudah mempunyai anggaran cukup untuk lebaran. Selain itu, untuk mengikuti secara ini, Anda juga tidak memiliki beban kewajiban atau hutang lainnya. Jika Anda berada dalam kategori ini, berarti Anda adalah orang yang sangat beruntung karena bisa memanfaatkan uang Tunjangan Hari Raya untuk keperluan produktif. Salah satu hal terbaik yang dapat Anda pilih adalah memulai atau mengembangkan investasi.

Ada mulai dari investasi emas, deposito atau reksadana. Bahkan dengan uang ratusan ribu saja, sekarang ini Anda sudah bisa memulai investasi untuk masa depan.

Tentu lebih baik jika Anda bisa memasukkan kebutuhan lebaran dalam anggaran tahunan. Faktanya kebutuhan lebaran relatif sulit untuk diprediksi. Jika Anda ingin mencobanya, salah satu mekanisme yang bisa dilakukan adalah dengan membuka tabungan khusus yang kita siapkan untuk keperluan lebaran tahun depan.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

Kisah Legendaris Bayi yang Diberi ASI dan Tidak

Kisah Legendaris Bayi yang Diberi ASI dan Tidak

Tidak paham soal ASI dan kesetaraan gender membuat pasangan bayi kembar beda jenis kelamin harus mengalami kisah tragis. Ibunya merasa tidak mampu menyusui keduanya dan akhirnya bayi perempuan mati karena hanya diberi susu formula.

Kisah ini terungkap dalam sebuah foto lama yang pernah dipublikasikan oleh UNICEF, badan PBB yang mengurusi nutrisi pada anak. Meski sudah lama dipublikasikan, foto yang diambil tahun 1991 ini sangat melegenda dan selalu dipakai dalam berbagai kampanye pemberian ASI.

Selengkapnya, foto tersebut menggambarkan seorang ibu di Islamabad yang sedang menyusui sepasang anak kembar. Bedanya, bayi laki-laki disusui langsung dari puting si ibu sedangkan bayi perempuan yang kondisinya kurang gizi hanya diberi susu formula dari botol. Sehari setelah diambil fotonya oleh UNICEF, bayi perempuan itu meninggal.

Konon bayi perempuan itu tidak mendapatkan ASI karena beberapa faktor, salah satunya karena salah informasi. Sang ibu diberi tahu oleh kakak iparnya bahwa payudaranya tidak memproduksi ASI yang cukup untuk kedua bayinya, sehingga hanya salah satu yang bisa disusui.

Ketika itu si ibu yang memang tidak diungkap namanya itu tidak tahu, bahwa produksi ASI juga berhubungan dengan aktivitas menyusui. Semakin banyak dihisap, payudara akan terangsang untuk memproduksi lebih banyak ASI sehingga sebenarnya sangat jarang ada kasus produksi ASI tidak mencukupi.

Ketidaktahuan berikutnya adalah bahwa sang ibu tidak harus menggantinya dengan susu formula. Jika memang ternyata produksi ASI tidak cukup karena gangguan tertentu, ia bisa menggunakan jasa orang lain untuk menyusui atau dalam Bahasa Inggris disebut seorang wet nurse.

Pemberian susu formula untuk seorang bayi sangat tidak dianjurkan, khususnya di lingkungan yang tidak bersih seperti tempat tinggal si ibu tersebut di Islamabad. Air yang tidak bersih bisa membunuh bayi ketika dipakai untuk melarutkan susu formula.

Faktor lain yang membuat bayi perempuan tersebut meninggal karena tidak mendapat ASI adalah ketidaksetaraan gender. Di banyak tempat di dunia, anak perempuan dianggap lebih rendah derajatnya dibanding anak laki-laki sehingga lebih sering dikorbankan.

Dalam hal ini, si ibu memilih menyusui bayi laki-laki dan hanya memberikan susu formula kepada bayi perempuan karena ingin memberikan yang terbaik bagi bayi laki-lakinya. Bukan cuma saat bayi, hingga dewasa kaum perempuan sering terpinggirkan oleh sistem patriarki yang menganggap laki-laki lebih tinggi derajatnya.

Foto ini memang foto lama, namun kisahnya akan tetap menjadi legenda yang selalu mengingatkan pentingnya ASI eksklusif bagi bayi. Kalaupun terpaksa memberikan susu formula karena kondisinya secara medis tidak memungkinkan, pastikan air yang digunakan matang dengan sempurna sehingga bebas dari kuman.

“Gunakan foto saya ini jika memang bisa membantu. Saya tidak ingin orang lain melakukan kesalahan yang sama,” pesan ibu si kembar seperti dikutip dari Unscn.org, Selasa (13/12/2011).

(up/ir)

Studi: Bayi ASI yang Tidak Mendapat Antibiotik Punya Sistem Imun Lebih Kuat

Studi: Bayi ASI yang Tidak Mendapat Antibiotik Punya Sistem Imun Lebih Kuat

Air susu ibu (ASI) tak hanya memberikan nutrisi tapi juga imunitas pada bayi. Bagi bayi ASI yang belum kenal antibiotik, ditengarai punya sistem imun yang lebih kuat. Karena itu gunakan antibiotik dengan bijaksana. Jika bayi sakit flu biasa, jangan buru-buru dicekoki dengan antibiotik.

Menurut Katri Korpela penelit dari Universitas Helsinki di Finlandia, menyusui bayi yang belum pernah menerima antibiotik dapat membantu mengurangi pemakaian antibiotik. Pemberian ASI juga mencegah berat badan berlebih di masa kanak-kanak.

“Manfaat yang diperoleh anak dari ASI adalah menurunya risiko kelebihan berat badan di masa kanak-kanaknya. Penelitian ini terbukti hanya kepada anak yang tidak menggunakan antibiotik selama masa menyusunya,” ucap Korpela dikutip dari Indian Express.

Dalam studi yang melibatkan 226 anak di Finlandia ini Korpela menyatakan bahwa antibiotik dapat mengganggu mikrobiota usus yang dibawa oleh ASI.

Studi yang juga diterbitkan online oleh JAMA Pediatrics menunjukan bahwa manfaat yang diberikan ASI kepada anak yang tidak menggunakan antibiotik sebelum menyusu dan selama menyusu menunjukkan ketebalan tubuh yang lebih baik terhadap penyakit. “Menyusu ASI dapat membuat sistem imun yang kuat pada bayi sehingga bayi dapat menangkal penyakit atau infeksi,” sambung Korpela

“Antibiotik yang digunakan pada anak kecil hanya berefek sementara,” tutup Korpela.

Perludiingat, sebagian besar penyakit harian disebabkan virus sehingga tidak butuh antibiotik. Selain itu, antibiotik pun tidak mempercepat penyembuhan. Antibiotik juga tidak dibutuhkan untuk mencegah infeksi sekunder. Nah, jika sudah telanjur mengonsumsi antibiotik yang ternyata tidak dibutuhkan, jangan diteruskan dan hentikan segera.

Ini bukan berarti harus memusuhi antibiotik. Karena yang penting diketahui masyarakat adalah kapan harus menggunakan antibiotik. Sebab penggunaan antibiotik yang tidak tepat bisa mengakibatkan resistensi antibiotik.

 

sumber : http://health.detik.com/

Selain Seorang Pahlawan, Bagiku Ayah Adalah Cinta Pertamaku

Selain Seorang Pahlawan, Bagiku Ayah Adalah Cinta Pertamaku

Setiap anak ingin seperti ayahnya. Bagi anak terutama anak perempuan, sosok ayah adalah cinta pertamanya sekaligus pahlawan. Anak perempuan mengagumi sosok seorang lelaki seperti ayahnya. Seorang ayah selalu menyayangi anaknya, bahkan seorang ayah akan takut saat gadis kecilnya telah tumbuh dewasa dan mulai mencintai laki-laki selain dirinya. Ayah akan selalu memberikan perhatian dan kasih sayangnya, bahkan terkadang menganggap anak perempuannya tetap menjadi gadis kecil lucu kesayangannya.

Selain alasan cinta dan kasih sayang ayah di atas, berikut adalah alasan mengapa kamu harus mencintai ayah kamu sepenuh hati. Let’s check this out, Ladies.

  1. Ayahmu adalah orang yang akan memandu kamu dalam menjalani kehidupan.
  2. Dia adalah inspirasi bagimu dalam menjalani kehidupan.
  3. Ayah akan selalu mengajarimu untuk tersenyum saat dalam keadaan sulit sekalipun.
  4. Ayah akan menghiburmu meskipun dunia sepakat untuk membuat kamu bersedih.
  5. Seorang ayah akan selalu percaya dengan mimpi kamu, meskipun banyak yang meragukannya.
  6. Ayah akan selalu mengajarimu tentang hal yang baru dan membuatnya menjadi hal menyenangkan.
  7. Ayah akan selalu bermain bersamamu, meskipun ia tidak bisa melakukannya.
  8. Meskipun tidak bisa bernyanyi, ia akan tetap menyanyikan lagu nina bobok saat kamu menginginkannya.
  9. Saat kamu menginginkan sesuatu, meskipun berat ia akan berusaha untuk mewujudkannya.
  10. Dengan segala upaya dia akan berusaha menjawab semua pertanyaanmu.
  11. Ayah adalah guru yang baik, dia tidak hanya mengajarimu tentang pelajaran akademik tapi juga masalah kehidupan.
  12. Ayah akan bekerja keras untuk memenuhi semua kebutuhanmu.
  13. Meskipun terlihat cuek, saat berkumpul bersama temannya kamu adalah sosok yang selalu dibanggakannya.
  14. Ayah mengajarimu untuk mencintai dirimu sendiri dan bangga terhadap diri kamu sendiri.
  15. Saat orang lain membuatmu bersedih, ayah tahu bagaimana membuat kamu bahagia.

Ladies, begitu banyak alasan mengapa kamu harus menyayangi ayah. Selama ayah masih ada dan bersamamu, peluklah dia dan buat ia bangga kepadamu. Selamat hari ini.

 

sumber : vemale

Berpuasa Nyaman bagi Penderita GERD dan Tukak Lambung

Berpuasa Nyaman bagi Penderita GERD dan Tukak Lambung

Selama bulan suci Ramadhan, beberapa penderita penyakit ada yang merasa khawatir. Selain penderita diabetes, penderita penyakit gangguan pencernaan juga banyak yang bertanya-tanya bagaimana caranya agar penyakit mereka tidak kambuh sehingga bisa menjalankan puasa dengan lancar.

Dua jenis penyakit pencernaan yang dialami banyak orang adalah GERD dan Peptic Ulcer. GERD adalah singkatan dari Gastroesophageal reflux disease, merupakan penyakit saluran pencernaan yang bersifat kronis. GERD terjadi ketika asam lambung atau terkadang isi lambung naik kembali ke esofagus (refluks) sehingga seseorang akan mengalami mual bahkan muntah. Akibat naiknya asam lambung maka akan mengiritasi dan membakar esofagus atau kerongkongan sehingga menimbulkan rasa panas pada dada (heartburn) sampai bagian dalam leher bahkan tenggorokan.

Sementara itu, tukak lambung atau peptic ulcer disease (PUD) atau ulkus peptikum adalah luka pada lambung atau usus duodenum karena terjadi ketidakseimbangan antara faktor agresif  seperti sekresi asam lambung, pepsin dan infeksi bakteri Helicobacter pylori dengan  pelindung mukosa seperti produksi prostaglandin, gastric mukus, bikarbonat dan aliran darah mukosa.

Terlalu sering menggunakan obat penghilang rasa sakit seperti non-steroid anti-inflamasi (ibuprofen, naproxen dan aspirin), steroid dosis tinggi, konsumsi alkohol berat dan merokok juga dapat berkontribusi untuk gastritis dan PUD.

Gastritis dan PUD dapat didiagnosis melalui endoskopi atas ( instrumen serat optik tipis fleksibel dilewatkan melalui mulut ke lambung dan duodenum) dan selama prosedur biopsi kecil dapat diambil dari lapisan dinding lambung untuk mendeteksi H. pylori . Teknik non-invasif lainnya untuk mendeteksi keberadaan H. pylori termasuk tes antibodi darah, tes napas urea dan uji antigen tinja.

Pasien dapat mengambil beberapa langkah sederhana untuk mengurangi risiko komplikasi gastritis/PUD saat puasa.

Pertama, alangkah baiknya jika kita mau mengingat lagi saran Nabi yakni menunda sahur dan memercepat berbuka. Banyak dari kita, karena alasan mengantuk, cepat-cepat melakukan sahur lalu tidur lagi. Hal ini dapat mengakibatkan refluks asam.

Praktik lain yang umum bagi banyak orang Muslim adalah makan berlebihan saat berbuka puasa, diikuti oleh merokok. Kebiasaan buruk ini bisa memicu dispepsia dan asam refluks untuk pasien gastritis dan PUD.

Oleh karena itu, pasien harus menerapkan prinsip moderat saat berbuka puasa, makan dalam porsi  kecil, tapi lebih sering. Misalnya, mulai dengan  makanan ringan dan air putih, lalu sholat maghrib, diikuti oleh makanan utama sebelum Tarawih.

Praktik lain yang baik adalah untuk berhenti makan tiga sampai empat jam sebelum tidur untuk memberikan waktu istirahat bagi sistem pencernaan. Selain itu, cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan terlalu berbumbu,  pedas dan asam karena mereka cenderung mengiritasi saluran pencernaan.

Minuman berkafein seperti kopi, menjadi diuretik alami, merangsang tubuh untuk mengusir air melalui kandung kemih, yang pada gilirannya menyebabkan dehidrasi.  Begitu juga minuman manis  bisa membuat Anda mengeluarkan banyak urin dan membuat Anda haus. Jadi, alternatif terbaik di sini adalah tetap mengupayakan asupan makanan sehat berimbang  sepanjang Ramadan dengan memasukkan  semua nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serat dan lain sebagainya.

Jangan lupa, minum banyak air putih sepanjang jam-jam tidak puasa untuk mengisi kekuarangan cairan yang terjadi sebelumya.

Tips untuk Ramadhan

Menghindari

  • Gorengan, makanan berlemak dan mengandung asam  (misalnya jeruk buah-buahan seperti lemon, limau, jeruk bali dan jeruk) dan produk-produk berbasis tomat (tomat secara teknis adalah buah yang mengandung banyak asam).
  • Makanan ekstra-pedas dan kalengan / makanan olahan, terutama produk-produk berbasis tomat. makanan olahan dengan masa kedaluwarsa panjang, biasanya memiliki banyak bahan kimia, termasuk pengawet, yang selanjutnya dapat memperburuk gastritis atau PUD.
  • Makanan yang mengandung terlalu banyak gula dan karbohidrat olahan.
  • Terlalu banyak makan selama berbuka puasa dan sahur dan menunda buka puasa.
  • Minuman mengandung kafein  seperti teh, kopi, soda karena mendorong Anda berkemih lebih sering,  dan mengambil garam serta mineral lain dari dalam tubuh yang Anda butuhkan selama berpuasa.
  • Merokok telah lama dikaitkan dengan penyakit gastritis dan ulkus peptikum. Jadi, Ramadan adalah kesempatan yang brilian untuk mengurangi atau berhanti merokok.
  • Obat-obatan yang dapat mengiritasi lapisan lambung.

Makanlah

  1. Karbohidrat kompleks atau yang lambat dicerna sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.
  2. Kurma adalah sumber dari gula, serat, karbohidrat, kalium dan magnesium yang sangat baik .
  3. Almond kaya akan protein dan serat.
  4. Pisang merupakan sumber dari karbohidrat, kalium dan magnesium yang baik .
  5. Makan makanan  yang direbus atau panggang daripada makanan yang digoreng dan berlemak.
  6. Makan dalam jumlah moderat,  dalam jumlah yang lebih kecil tapi lebih sering, dan berbuka awal.
  7. Sahur dengan cara yang diajarkan oleh Nabi yakni diperlambat waktunya namun jangan sampai melampaui waktu yang telah ditentukan.
  8. Jangan lupa untuk minum obat yang telah diresepkan oleh dokter Anda sebelumnya.

 

Ditinjau oleh: dr. Deffy Leksani Anggar Sari

Sikat Gigi Saat Berpuasa, Apakah Diperbolehkan?

Sikat Gigi Saat Berpuasa, Apakah Diperbolehkan?

Saat berpuasa, biasanya bau mulut akan menjadi kurang sedap. Hal ini dikarenakan oleh keadaan mulut yang tidak dimasuki makanan atau minuman sama sekali. Padahal, makanan dan minuman yang mengandung aroma akan membuat mulut berbau lebih segar serta wangi. Sementara itu, di dalam Al-Quran dan Hadist disebutkan bahwa makan dan minum merupakan dua perkara yang jelas-jelas membatalkan puasa.

Lantas, bagaimana agar bau mulut segar dan mulut tetap sehat selama berpuasa? Apakah melakukan siwak dan sikat gigi serta berkumur juga bisa membatalkan puasa? Diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a, Rasulullah Saw Bersabda,

“Seandainya tidak memberatkan umatkyu niscaya akan kuperintahkan mereka bersiwak setiap kali berwudhu.” (HR. Abu Hurairah r.a)

Kalau merujuk pada perkataan ulama masa lalu, bersiwak dan juga bersikat gigi atau berkumur tidaklah membatalkan puasa. Hanya saja, yang tidak membatalkan puasa adalah jika siwak, sikat gigi dan berkumur yang dilakukan tidak memungkinkan membuat seseorang menelan potongan siwak yang kebetulan terlepas dari siwak utama, pasta gigi atau air yang digunakan sikat gigi juga air yang digunakan untuk berkumur. Dalam buku fiqih dan keterangan beberapa ulama dijelaskan, “Jika seseorang bersiwak dengan siwak yang basah lantas cairan siwak tadi terpisah lalu tertelan atau ada serpihan dari siwak yang ikut tertelan, puasanya batal.” (Al-Majmu, 6:222).

Sementara itu, dikutip dari laman emirates247.com, Dr. Ali Ahmed Mashael dari Grand Mufti di Islamic Affairs dan Charitable Activities Department di Dubai mengatakan bahwa sebaiknya menyikat gigi tidak dilakukan setelah imsak hingga sebelum maghrib. Kalau memang ingin menyikat gigi atau membersihkan mulut, dianjurkan untuk melakukan di waktu sebelum imsak dan di waktu setelah sahur hingga malam hari.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya pasta gigi atau air yang digunakan untuk sikat gigi tertelan ke kerongkongan hingga perut. Meski tanpa kesengajaan, menelan pasta gigi atau air berasa yang digunakan saat sikat gigi tetaplah membatalkan puasa. Memang, sikat gigi di waktu puasa atau siang diperbolehkan selama hal itu dijamin tidak akan tertelan atau masuk ke kerongkongan dan perut. Hanya saja, sikat gigi hukumnya makruh. Ini sebaiknya dihindari dan tidak dilakukan agar puasa yang dilakukan memiliki pahala maksimal.

Sedangkan untuk berkumur, hal ini diperbolehkan selama puasa. Hanya saja, berkumur yang dilakukan juga tidak boleh berlebihan sehingga membuat air yang dibuat berkumur kemungkinan besar tertelan. Saat berkumur, disarankan untuk berkumur sewajarnya saja dan tidak berlebihan.

So Ladies, sudah semakin tahu kan bagaimana sikat gigi saat berpuasa? Mulai sekarang, kalau pun memang ingin sikat gigi, pastikan untuk sikat gigi sebelum imsak dan setelah maghrib ya? Semoga, informasi ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua mengenai hal-hal yang berhubungan dengan puasa dan hukum-hukum yang ada di dalamnya.

 

sumber : vemale

Aturan Olahraga Selama Puasa dari Ahli

Aturan Olahraga Selama Puasa dari Ahli

Bagi banyak orang, berolahraga saat puasa bukan pilihan tepat. Padahal, berolahraga saat puasa itu penting untuk menjaga kebugaran tubuh Anda. Habib Noorbhai, ahli biokinesis, mengatakan bahwa jika Anda mengikuti pedoman yang benar, olahraga selama Bulan Puasa, tetap sangat aman untuk dilakukan.

Noorbhai mengatakan bahwa ada penelitian yang menunjukkan bahwa berpuasa selama 30 hari berturut-turut tanpa olahraga dapat meregresi kekuatan dan kebugaran. “Individu yang berolahraga minimal tiga hari seminggu selama 11 bulan, tapi menghindari pelatihan selama bulan Ramadan, sering menghadapi kemunduran berkaitan dengan fungsi kardiovaskular dan adaptasi imun tubuh.”

Karena itu, adalah penting bagi umat Islam untuk mempertahankan olahraga rutin mereka selama Ramadan. Noorbhai juga mengatakan bahwa jika Anda berhenti berolahraga selama satu bulan itu sama dengan kehilangan empat bulan latihan.

Dia menambahkan, sebaiknya Anda mempertahankan program olahraga yang sudah Anda lakukan selama ini dan tidak mengintensifkan latihan tersebut (peningkatan berat beban, menambah repetisi, kecepatan atau jarak) selama bulan Ramadhan.

Noorbhai mengatakan waktu yang ideal untuk berlatih adalah 90 menit sebelum matahari terbenam (berbuka puasa).

“Setelah sesi latihan moderat, tubuh tidak akan dapat mengisi cadangan glikogen yang terbakar selama latihan dengan segera sehingga mengakibatkan gejala seperti pusing dan mual. Berolahraga sebelum berbuka adalah sangat ideal karena saat berbuka puasa, tubuh segera mengganti energi dan glikogen yang hilang saat berolahraga. ”

Berikut adalah beberapa tip dari Noorbhai untuk berolahraga selama bulan Ramadhan:

  1. Hentikan latihan segera ketika merasa pusing atau mual
  2. Rencanakan kapan tidur dan kapan harus bangun. Usahakan tidur tidak kurang dari tujuh jam dalam sehari. Jika malam Anda tidur 6 jam, maka Anda bisa tidur siang 1 jam.
  3. Pertimbangkan untuk tidur siang karena tubuh Anda mengalami kelelahan lebih dari hari-hari biasa selama Ramadan. Tapi disarankan untuk tidur siang tidak lebih dari 30 menit, atau maksimal 1 jam. Karena jika lebih dari 1 jam biasanya akan lemas, bukannya meningkatkan produktivitas.
  4. Pulang kerja lebih cepat karena waktu kerja tidak dipotong oleh waktu makan siang. Ini agar Anda sempat berolahraga sebelum waktu tiba.
  5. Jika ingin melakukan latihan intermiten seperti sepakbola atau cricket, lakukan setelah matahari terbenam.
  6. Latihan yang melampaui kemampuan harus dihindari sepenuhnya.

Pedoman diet dan hidrasi

Latihan selama puasa bisa terasa berat secara fisik. Noorbhai merekomendasikan panduan berikut berkaitan dengan diet dan hidrasi selama Ramadhan:

  1. Cobalah untuk mengonsumsi enam sampai 10 gram karbohidrat per kg berat badan
  2. Makan 1 sampai 1,2 gram protein per kg berat badan.
  3. Asupan lemak baik harus 20 sampai 30 persen dari total asupan energi Anda.
  4. Pastikan untuk minum cairan yang cukup untuk mencegah defisit air
  5. Lebih sering minum pada malam hari, setelah matahari terbenam.

Selamat mencoba.

Sumber: meetdoctor

Bersedekah, Tak Membuatmu Miskin Tapi Justru Memberimu Keajaiban


Ilustrasi. | Foto: copyright Unpopulart – Arum

Sudahkah kita cukup bersedekah selama ini? Seberapa sering kita menyisihkan uang atau penghasilan yang kita punya untuk bersedekah? Saya pribadi selalu salut dengan orang-orang yang selalu rutin dan istiqomah bersedekah. Orang yang bersedekah dengan niat yang suci sungguh merupakan orang yang luar biasa.

Bersedekah pada dasarnya tak akan membuat kita miskin. Malah bisa jadi ada banyak keberkahan dan keajaiban yang terjadi di hidup kita kalau kita bersedekah. Bersedekah pun bisa menjadi bentuk syukur kita pada Sang Pemberi Rezeki Kehidupan.

  • Bersedekah Jadi Cara Kita untuk Bersyukur Pada-Nya

    Bersedekah bisa jadi cara kita bersyukur pada rejeki yang diberikan Yang Maha Kuasa. Rezeki itu bukan sebatas pada harta atau materi semata. Lebih dari itu, rezeki yang kita dapat bisa jadi bentuknya dalam kesehatan dan kenyamanan yang kita miliki saat ini. Semakin kita mensyukuri yang sedikit dan sudah kita punya, keberkahan yang kita rasa pun akan semakin besar.

  • Rezeki Bisa Makin Lancar dengan Bersedekah

    Dari uang dan penghasilan yang kita punya, sebagiannya ada hak untuk orang lain. Rezeki kita bahkan bisa makin lancar dengan bersedekah. Lihat saja para tokoh dunia, mereka tidak pernah sungkan mendermakan sebagian kekayaan mereka untuk orang lain. Jangan pernah takut jatuh miskin karena bersedekah. Justru, orang-orang yang bersedekah sering mendapat keajaiban dan pertolongan tak terduga.

  • Bersedekah Jadi Cara Kita untuk Jadi Pribadi yang Lebih Bermanfaat

    Dengan bersedekah, kita sudah membantu meringankan beban orang lain. Sedekah tak melulu harus dalam bentuk uang. Bisa jadi dalam tenaga atau jasa. Sedekah materi atau uang bisa meringankan beban ekonomi orang lain. Sementara sedekah tenaga atau jasa bisa bantu meringankan masalah yang dihadapi orang lain. Tak perlu menjadi orang kaya (secara materi) untuk bersedekah, Ladies.

  • Ikatan Silaturahim Makin Erat

    Kita tidak pernah tahu akan menjadi apa dan seberapa besar kita membutuhkan bantuan orang lain di masa depan. Dengan bersedekah, kita bisa menambah keluarga baru, teman baru, serta kerabat baru. Ikatan persaudaraan dan persahabatan bisa terjaga dengan baik.

Yuk, kita mulai lagi bersedekah. Landasi dengan niat yang tulus, maka yakin deh kebaikan akan selalu menyertai kita.

 

sumber : vemale

Keutamaan Malam Lailatul Qadar dan Tanda Kedatangannya

Keutamaan Malam Lailatul Qadar dan Tanda Kedatangannya

Dikatakan, malam Lailatul Qadar akan datang di satu malam di setiap tahunnya tepatnya di bulan Ramadan. Banyak ulama yang mengungkapkan bahwa malam Lailatul Qadar kemungkinan besar akan datang pada 10 malam terakhir Ramadan. Dari Imam Muslim diriwayatkan,

“Malam itu adalah malam yang cerah yaitu malam kedua puluh tujuh (dari bulan Ramadan). Dan tanda-tandanya ialah pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru.” (HR. Imam Muslim, 762).

Sementara itu, dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda, “Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan nampak kemerah-merahan yang begitu menghangatkan dan menenangkan.” (HR. Al Baihaqi). Dalam sebuah riwayat juga dijelaskan, “Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh pada 10 hari terakhir dari bulan Ramadan, melebihi kesungguhan beliau di waktu lainnya. (HR. Muslim).

Banyak ulama menjelaskan bahwa malam Lailatul Qadar akan datang di malam ganjil 10 hari terakhir Ramadan. Malam itu bisa saja malam ke 21, malam ke 23, malam ke 25, malam ke 27 atau malam ke 29. Meski begitu, kedatangan malam ini sangatlah dirahasiakan oleh Allah SWT. Sehingga, tidak menutup kemungkinan bahwa malam Lailatul Qadar juga datang di 10 malam Ramadan pertama, 10 malam Ramadan tengah atau di 10 malam terakhir Ramadan tepatnya di malam genap seperti malam 22, 24, 26 dan 28 atau 30.

Mengenai malam Lailatul Qadar, istri kesayangan Rasulullah yakni Aisyah pernah bertanya mengenai malam ini kepada Rasulullah SAW,

“Aku bertanya, Ya Rasulullah, bagaimana jika aku dapat mengetahui malam qadar itu, apa yang sebaiknya aku ucapkan di malam itu?” Rasulullah pun menjawab, “Ucapkanlah olehmu; Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Pengampun, suka mengampuni kesalahan, maka, ampunilah segala kesalahanku.” (Hr. Muttafaq Alaih).

Lalu, bagaimana agar kita bisa tahu bahwa suatu malam di bulan Ramadan yakni malam Laitul Qadar telah tiba atau datang? Secara umum sesuai dengan penjelasan ulama, tanda kedatangan malam Laitul Qadar bisa diketahui dengan empat tanda. Tanda pertama adalah esok pagi matahari akan terbit dalam keadaan jernih, teduh dan seperti tidak ada sinar. Dari Abi bin Ka’ab, Rasulullah bersabda “Subuh hari dari malam lailatul qadar matahari terbit tanpa sinar, seolah-olah mirip bejana hingga matahari itu naik.” (HR. Muslim).

Tanda kedua adalah sinar mentari pagi begitu cerah namun teduh dan menenangkan. Tanda ketiga adalah udara di malam Lailatul Qadar tidaklah dingin, tidaklah berawan, tidak panas dan tidak juga badai. Sementara untuk tanda keempat, malaikat akan menurunkan ketenangan sehingga para manusia akan merasa sangat tenang, nyaman dan kenikmatan tersendiri saat ia beribadah dengan sungguh-sungguh. Ketenagan dan kenikmatan ini bahkan dikatakan tidak akan didapatkan pada hari-hari yang lain.

Itulah sepenggal penjelasan mengenai malam Lailatul Qadar. Semoga, kita semua yang beragama muslim bisa merasakan dan bertemu dengan malam yang lebih mulia dari 1000 malam di Ramadan tahun ini. Semoga, informasi ini bermanfaat dan kita semua senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Bagi kamu yang beragama muslim dan sedang menjalankan ibadah puasa, selamat menjalankan ibadah puasa.

sumber : vemale