Wajah Sering Timbul Jerawat? Yuk Rawat Dengan Sabun Orimarru susu beras collagen

Wajah Sering Timbul Jerawat? Yuk Rawat Dengan Sabun Orimarru susu beras collagen

Jerawat adalah salah satu musuh terbesar dari setiap wanita. Jerawat yang timbul akan membuat penampilan jadi tak menarik. Tak berhenti di situ saja, bekas jerawat juga akan membuat wajah jadi kusam dan tampak tak cerah Ladies.

Penyebab jerawat sangat bermacam-macam Ladies. Salah satunya adalah kotoran yang menempel pada wajah. Jerawat bisa muncul karena debu yang berasal dari udara luar. Bagi kamu yang sering sekali berjerawat karena masalah ini berikut ini Vemale akan hadirkan step by step merawat wajah seperti yang telah dilansir oleh wikihow.com.

  • Jika kulitmu sensitif dan tak bisa memakai sabun wajah ada baiknya untuk mencuci wajah dengan air hangat dan gunakan sabun orimarru susu beras collagen karena cocok untuk semua jenis kulit. Namun pastikan jangan sampai mencuci wajah lebih dari dua kali sehari karena bisa menyebabkan kulit tidak sehat. Air hangat berisiko membuat kulit makin kering.
  • Pilih pelembab dengan SPF 15 untuk wajah dan gunakan setiap hari untuk menjaga kelembaban kulit.
  • Selama siang hari, cucilah wajah anda setiap 4 jam sekali agar tetap bersih dan terhindar dari debu.
  • Hindari mengenakan pelembab jika kulitmu tidak kering.
  • Pilih tabir surya yang berbentuk gel untuk melindungi kulit dari sinar UV.
  • Hindari mengenakan kosmetik yang berminyak saat udara sedang panas.
  • Sebisa mungkin hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor atau menggosoknya.

brosur-folio4-depan

Nah, itu tadi adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat kulit wajahmu yang berjerawat tetap sehat dan cantik Ladies. Semoga bermanfaat ya.

Saat Haid Kok Jadi Lebih Sering BAB, Normal Nggak Sih?

Saat Haid Kok Jadi Lebih Sering BAB, Normal Nggak Sih?

Siklus haid kadang bikin seorang wanita galau. Biasanya ada banyak perubahan dan hal-hal tak biasa yang terjadi yang dirasakan oleh wanita di tubuhnya. Salah satunya adalah meningkatkan frekuensi buang air besar (BAB).

Meningkatkan frekuensi BAB saat haid ternyata merupakan hal yang normal, kok. Dilansir dari refinery29.com,penyebabnya tak lain adalah karena pengaruh kadar prostaglandin dan progesteron yang berubah saat kita sedang haid. Selengkapnya, yuk ikuti infonya berikut ini,

Prostaglandin yang Meningkat di Awal Siklus Haid

Prostaglandin memberi sinyal pada rahim untuk berkontraksi untuk meluruhkan dinding rahim. Dan terkadang, zat yang mirip hormon ini juga akan mempengaruhi organ-organ pencernaan di dekatnya, membuat perut gampang kembung dan bikin frekuensi BAB makin meningkat. Jadi itulah kenapa kadang di hari-hari awal haid, frekuensi BAB kita jadi meningkat.

Kadar Progesteron yang Meningkat

Progesteron merupakan hormon alami yang diproduksi oleh ovarium. Selama siklus haid, kadar progesteron akan naik, meningkat tajam sebelum haid lalu turun drastis. Hormon yang juga disebut hormon kehamilan ini memiliki efek yang “unik”, yaitu bisa mengatasi masalah sembelit. Sehingga BAB jadi lebih lancar.

Jadi kesimpulannya merupakan hal yang normal ketika haid kita jadi lebih sering BAB. Hanya saja kalau frekuensinya terlalu abnormal atau sampai bikin diare, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

sumber : vemale.com

Mengobati Diare Menggunakan Daun Jambu Biji, Amankah?

Mengobati Diare Menggunakan Daun Jambu Biji, Amankah?

Diare merupakan salah satu kondisi yang sangat tidak menyenangkan. Tak hanya perut yang sakit dan terasa begitu melilit, diare juga sering kali membuat badan menjadi lemas dikarenakan cairan dalam tubuh tak jarang akan ikut terbuang bersama tinja. Untuk diare sendiri, sebenarnya ada banyak hal yang menyebabkan diare. Penyebab tersebut mulai dari karena keracunan makanan, adanya gangguan lambung, stres, badan kecapekan, sakit maag dan masih banyak lagi.

Oh iya, kalau kita sedang diare, selain minum obat sebenarnya ada beberapa bahan alami yang bisa bantu menyembuhkan dan meringankan diare lho. Kalau menurut saudara dan resep turun temurun keluarga, mengatasi masalah diare bisa dilakukan dengan konsumsi ramuan kunyit atau juga konsumsi daun jambu biji. Ya, konsumsi daun jambu biji dipercaya bisa meringankan diare yang dialami. Tak hanya itu saja, nutrisi pada daun jambu ternyata juga dipercaya oleh para ahli sebagai bahan alami yang mampu mendinginkan sistem pencernaan dengan baik.

Daun jambu biji bisa menyembuhkan diare | Photo: Copyright plantvillage.org
Hal ini mengingat bahwa di dalam daun jambu biji terdapat zat flavonoid juga quercetin glycoside dimana zat ini mampu menghambat dan mengobati diare. Selain itu, kandungan tanin pada daun jambu biji juga akan memperkecil pori-pori pada usus yang kemudian membuat aliran air yang masuk ke dalam usus berkurang serta menjadikan tinja tak lagi encer.

Mengenai daun jambu biji sebagai obat diare, hal ini dikatakan aman karena daun jambu biji merupakan salah satu bahan alami yang aman dan menyehatkan. Cara konsumsi daun jambu biji sebagai obat diare pun bisa dilakukan dengan merebus daun jambu biji lalu disaring dan diminum. Atau, bisa juga dicuci hingga bersih lalu dikunyah langsung. Selain konsumsi daun jambu biji, saat diare kamu sangat disarankan untuk konsumsi larutan oralit (larutan yang dibuat dari garam dan gula), istirahat cukup serta menghindari berbagai makanan maupun minuman yang memicu semakin parahnya diare.

Meskipun daun jambu biji bisa mengobati diare, kamu tetap disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter saat mengalami diare. Apalagi, jika diare tidak kunjung sembuh meski kamu telah mengonsumsi daun jambu biji dalam jumlah cukup banyak. Atau, ketika diare tersebut dibarengi dengan mual serta muntah. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semua bisa hidup selalu sehat, bugar serta jauh dari risiko diare serta penyakit lainnya.

sumber : vemale.com
3 Tips Mudah Hilangkan Keriput Di Daerah Bibir

3 Tips Mudah Hilangkan Keriput Di Daerah Bibir

Keriput memang tak bisa dihindari Ladies. Keriput disebabkan oleh berbagai hal namun yang paling utama adalah karena faktor pertambahan usia. Semakin lama garis halus di bibir semakin tampak jelas dan membuat bibir tampak tua. Ini karena berkurangnya elastisitas dan kolagen.

Tak cuma karena usia yang semakin tua saja Ladies, keriput juga disebabkan oleh beberapa hal seperti kebiasaan hidup yang tak sehat serta malas merawat wajah. Nah kali ini Vemale akan coba hadirkan tiga tips mudah untuk hilangkan keriput di daerah bibir. Check these out!

  • Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan pelembab bibir. Kamu bisa menggunakan minyak almond atau vitamin E. Jika susah didapat kamu bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa. Bahan-bahan ini akan menjaga kekenyalan kulit. Oleskan saja bahan-bahan ini pada bibir dan kulit di sekitar bibir. Beri pijatan ringan, biarkan minyak tetap menempel hingga semalam. Treatment secara teratur akan membuat bibir halus dan jauh dari keriput.
  • Salah satu penyebab keriput adalah paparan sinar matahari. Karenanya kamu bisa mencoba menggunakan lip balm yang mengandung SPF. Selain memberi efek melembabkan, lip balm ini melindungi bibir dari pengaruh buruk UV A dan UVB. Dua manfaat langsung dari satu produk.
  • Last but not least, perbanyak minum air Ladies. Selain itu kamu juga disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan yang segar. Vitamin yang terkandung di dalamnya akan membuat bibir sehat dari dalam.

Tak cuma dari luar saja, kesehatan kulit juga harus dirawat dari dalam Ladies. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Mata Perih Kena Sampo, Gimana Mengatasinya Nih?

Mata Perih Kena Sampo, Gimana Mengatasinya Nih?

Mandi dan keramas di pagi hari menjadi salah satu kegiatan sempurna sebelum menjalani aktivitas. Tubuh bisa lebih bersih dan fresh sehingga kamu pun lebih percaya diri dalam berpenampilan. Tapi, pasti jadi hal yang menyebalkan banget jika saat keramas, tiba-tiba ada sampo yang masuk ke dalam mata. Perih dan sakit pasti jadi hal yang bakal kamu alami.

Nah, gimana sih pertolongan pertama mengatasi mata yang kena sampo ini?

Segera Bilas dengan Air

Saat mengalami mata perih akibat kemasukan sampo, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah membilasnya dengan air bersih. Buka mata, bilas dengan air segar dan lakukan secara berulang untuk membersihkan sisa sampo yang bisa menimbulkan rasa perih. Gunakan air dingin, karena suhu air yang terlalu panas bisa memperparah kondisinya.

Hindari Mengucek Mata

Rasa perih yang menyerang biasanya membuat kamu refleks mengucek mata tanpa sadar. Tapi, ini bukan cara yang baik, Ladies. Kandungan Sodium Lauryl Sulfate di dalam sampo bisa menyebabkan kerusakan mata yang lebih parah jika dikucek. Jadi, sebisa mungkin hindari hal tersebut, ya.

Aplikasikan Obat Tetes Mata

Setelah selesai mandi, segera ambil obat tetes mata terbaik untuk meredakan gejala perih yang mengganggu. Pastikan pilih produk yang tepat agar memberikan perawatan yang diperlukan. Salah satu produk yang layak menjadi rekomendasi adalah Braito Original.

Aplikasikan 1-2 tetes di area yang terasa perih. Kandungan Tetrahydrozoline Hydrochloride di dalamnya ampuh untuk meredakan iritasi mata ringan, salah satunya adalah rasa sakit yang disebabkan oleh masuknya sampo. Gunakan secara rutin 2-3 kali sehari hingga gejalanya mereda.

Kunjungi Dokter

Jika tiga langkah di atas tidak juga membantu, segera kunjungi dokter mata terdekat. Hal ini sangat penting untuk mendeteksi jika ada masalah kerusakan mata lainnya, sehingga bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Menjaga kesehatan mata bisa mulai dilakukan dengan melakukan kebiasaan baik sehari-hari. Yuk, sayangi indera penglihatanmu mulai sekarang!

 

sumber : vemale.com

Tips Sayangi Kesehatan Mata untuk Si Cewek Berkacamata

Tips Sayangi Kesehatan Mata untuk Si Cewek Berkacamata

Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki peranan penting. Mata yang tampak bersinar juga bisa bikin penampilan wanita jadi makin stunning. Meskipun dihiasi kacamata, tapi kamu tetap bisa mendapatkan mata yang tampak sehat danglowing kok. Simak cara sederhana merawat kesehatan panca indera yang satu ini, yuk!

Konsumsi Makanan untuk Kesehatan Mata

Salah satu cara menjaga kesehatan mata bagi kamu yang berkacamata adalah dengan memilih jenis makanan yang baik untuk bagian tubuh tersebut. Penuhi kebutuhan vitamin A dan beta karoten untuk meningkatkan kesehatan penglihatanmu. Beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi antara lain mangga, wortel, tomat, blueberry, brokoli, hingga bayam. Jangan lupa penuhi kebutuhan cairan tubuh untuk mencegah mata terasa kering.

Hindari Kebiasaan Membaca yang Kurang Tepat

Hobi membaca memang bisa mengisi waktu luang sambil bersantai. Mencari posisi paling nyaman saat melakukan kegiatan ini memang bisa menambah sensasi kenikmatannya. Salah satu posisi favorit bagi sebagian orang adalah membaca sambil tiduran.

api, ini bukan kebiasaan yang baik, lho. Posisi tersebut bisa membuat posisi mata dan buku menjadi sangat dekat, sehingga organ tubuh ini dipaksa bekerja lebih keras untuk membaca tulisan yang ada. Kebiasaan ini juga bisa membuat kondisi mata yang sudah berkacamata jadi makin parah, lho.

Aplikasi Obat Tetes Mata

Mata rentan mengalami berbagai masalah yang bisa mengganggu penglihatanmu. Debu, asap kendaraan bermotor, air kolam renang, hingga alergi merupakan beberapa hal yang bisa memicu iritasi mata minor. Jika mengalami beberapa gangguan tersebut, atasi saja dengan Braito Original. Obat tetes mata terbaik ini berkhasiat untuk meredakan mata merah yang disebabkan iritasi mata ringan. Sedia selalu produk ini ke mana pun kamu pergi untuk menjadi pertolongan pertama saat mengalami masalah iritasi.

Menjaga kesehatan mata bagi si cewek berkacamata ternyata nggak sulit dilakukan, bukan? Saatnya lakukan kebiasaan baik di atas demi penglihatan yang tetap terjaga dengan baik,Ladies!

 

sumber : vemale.com

Ramadan Memang Sudah Lewat, Tapi Ibadah Harus Tetap Semangat

Ramadan Memang Sudah Lewat, Tapi Ibadah Harus Tetap Semangat

Lebaran telah usai kira-kira dua minggu yang lalu. Meski lebaran atau hari raya telah usai, nampaknya masih banyak orang yang tak ingin melewatkan moment lebaran. Ya, seperti halnya saya. Rasanya saya masih kangen akan moment lebaran, moment mudik dan moment Ramadan yang begitu mengesankan, begitu hikmat serta begitu kental dengan berbagai aktivitas ibadah.

Tapi nih ya, meski begitu, saya kadang merasa heran saja dengan kebiasaan orang-orang yang sangat semangat beribadah saat bulan Ramadan. Sementara di bulan-bulan lain, ibadah yang ia dilakukan menjadi kurang semangat. Tak hanya orang lain sih, saya pun merasakan hal yang sama. Mmm, meski Ramadan telah lewat. Semangat buat ibadah nggak seharusnya lewat juga kan Ladies.

Di bulan syawal atau bulan-bulan dan hari-hari lain di luar Ramadan, sangat disarankan agar kita tetap beribadah dengan semangat. Yang namanya ibadah dan mendekatkan diri kepada sang pencipta, hal itu harus dilakukan dengan ikhlas kapan pun serta dimana pun kita berada. Bagi kita yang beragam muslim, di luar bulan Ramadan kita tetap dianjurkan untuk tetap berpuasa. Toh, di luar bulan Ramadan ada banyak puasa sunah yang pahalanya tak kalah besar dengan pahala saat kita melakukan puasa Ramadan.

Untuk puasa sunah yang bisa dilakukan di luar Ramadan antara lain ada puasa senin kamis, puasa daud (yakni satu hari puasa dan satu hari libur) atau puasa tengah bulan hijriah yakni setiap tanggal 14,15 dan 16 (Ayyamul Bidh) dan masih banyak lagi puasa sunah lain. Selain itu, di luar bulan Ramadan kita juga bisa melakukan berbagai shalat sunah. Kalau di bulan Ramadan ada shalat sunah tarawih yang begitu dianjurkan untuk dilakukan, di hari dan bulan lain di luar Ramadan kita yang beragam muslim sangat dianjurkan untuk tetap memperbanyak shalat sunah tahajud, hajat, tasbih, istikharah, tobat dan rawatib serta masih banyak lagi.

Meski bulan Ramadan telah lewat, ibadah yang kita lakukan tak boleh loyo lho ya. Kita tetap harus semangat menjalankan ibadah wajib atau pun sunah. Kita juga akan sangat baik jika di bulan-bulan lain di luar Ramadan juga tetap semangat dalam bersedekah dan menjalin hubungan baik dengan semua orang. Rasanya, akan sangat sayang rasanya jika hanya bersemangat ibadah di bulan Ramadan sementara di bulan lain kita lalai buat ibadah.

Tak hanya buat yang beragama muslim saja yang dianjurkan untuk meningkatkan ibadah, buat yang beragama lain juga sangat disarankan agar meningkatkan ibadah sesuai kepercayaan masing-masing di manapun juga kapan pun. Sadar atau tidak, dekat dengan Tuhan akan menjadikan kita semua semakin nyaman, semakin percaya bahwa Tuhan selalu ada di dekat kita dan semakin sabar juga semakin aman.

 

sumber : vemale

Kutu Perusak Kecantikan Wajah

Kutu Perusak Kecantikan Wajah

Banyak jenis kutu hidup merugikan di kulit manusia, salah satunya demodex. Kutu jenis ini bisa menyebabkan kulit gatal, kasar, jerawat dan penuaan dini. Meskitidak mematikan tetapi kutu ini bisa mempengaruhi penampilan seseorang.
Demodex ialah sejenis kutu yang hidup sebagai parasit di kulit manusia. Demodex pertama kali ditemukan tahun 1841 akan tetapi hingga sekarang kajian tentang hal itu belum begitu mendalam.

Demodex hidup kira-kira 3 mm dibawah permukaan kulit manusia. Kutu mempunya 4 pasang kaki yang berbentuk sperti cakar untuk bergerak di bawah permukaan kulit. Inilah yang menyebabkan kulit terkadang terserang gatal tanpa sebab yang jelas.

Secara umum demodex hidup pada folikel/kantung rambut dan kelenjar minyak dalam tubuh manusia. Berdasarkan tempat habitatnya itu pula demodex menusia terbagi menjadi 2, yaitu demodexs foliculorum yang berbentuk agak panjang dan demodex brevis yang berbentuk agak lebih kecil. Demodex hidup dengan cara memakan nutrisi dan air yang diperlukan oleh jaringan kulit manusia.

Lebih banyak pada kulit wanita

Setiap kulit manusia pasti ada demodex. Jumlahnya saja yang berbeda untuk masing-masing orang. Hal ini tergantung kebersihan masing-masing orang. Semakin jarang seseorang memperhatikan kesehatan, makin banyak demodex di kulitnya. Hal ini di sebabkan demodex senang dalam lingkungan kotor dan berminyak. Kulit wanita cenderung banyak dihinggapi demodex dibandingkan kulit pria sebab wanita lebih banyak memakai kosmetik yang sangat disenangi demodex.

Faktor usia berpengaruh besar terhadap jumlah demodex dalam kulit. Semakin dewasa seorang maka semakin banyak demodexs dalam kulitnya. Hal ini disebabkan brtambahnya kelenjar minyak dalam tubuh manusia seiring dengan bertambahnya usia.

Demodex dapat berpindah tempat dari inang satu ke inang yang lainnya melalui kontak fisik ataupun udara. Kutu ini akan senagt mudah menular dalam anggota keluarga, oleh karena itu sering disebut sebagai parasit keluarga.

Penyebab jerawat

Dalam jumlah kecil kutu ini tidak menimbulkan dampak berarti, tetapi dalam jumlah besar akan menimbulkan kerusakan pada jaringan kulit dan menyebabkan penyakit demodicidosis (penyakit yang disebabkan demodex), misalnya demodetic acne rosacea (jerawat), blepharitis (infeksi kelopak mata), kehilangan bulu mata.dll.

Demodex juga menyebabkan kerusakan pada kollagen dan elastin sehingga terjadi penuaan dini. Setelah nutrisi habis, demodex akan menggerogoti pembuluh dermis sehingga membuat kulit kusam. Jika dibiarkan terus menerus kulit lambat laun akan mongering dan menimbulkan kerut.

Jangka waktu hidup demodex adalah 90 hari, setelah itu ia akan mati. Jika demodex yang mati tersebut tidak dibersihkan semakin lama akan menumpuk dan menjadi bangkai. Bangkai-bangkai inilah yang membuat kulit menjadi kasar, kusam dan menurunnya elastisitasnya. Karena kekurangan nutrisi dalam kulit ini pula membuat kulit menjadi berbintik-bintik hitam atau flek.

Demodex juga akan menghabisi nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Dengan demikian rambut akan mengalami penipisan batng rambut dan menjadi kusam. Setelah nutrisi dalam akar rambut habis, ia akan memakan dinding rambut. Lama kelamaan rambut akan mengalami kerontokan.

Jagalah kebersihan kulit

Penyakit yang disebabkan demodex tidak mengakibatkan rasa sakit pada penderita akan tetapi akan menimbulkan rasa rendah diri. Karena bentuk penampilan fisik yang kurang indah dipandang.

Meski sangat tidak mungkin untuk menghindar dari terjangkitnya demodex akan tetapi kita bisa mengontrol atau mengurangi jumlah demodex dalam kulit. Salah satu cara yang paling penting adalah menjaga kebersihan secara keseluruhan. Baik kulit atau pun tubuh serta lingkungan sekitar kita. Usahakan selalu membersihkan kulit terutama wajah dan tangan setelah melakukan aktivitas diluar ruangan.

Demodex sangat sensitive terhadap bahan-bahan yang mengandung antiseptic seperti sulfur. Akan tetapi bahan-bahan atiseptik ini tidak bisa menjangkau demodex yang berada di dalam kulit. Ia hanya membasmi demodex yang berada di lapisan kulit luar. Untuk mengurangi demodex dengan baik perlu obat yang dapat membunuh demodex dari dalam yakni antibiotik.

 

sumber : http://www.terapisehat.com/

Tips Agar Ketupat Tahan Lama & Tidak Gampang Basi

Saat lebaran, salah satu sajian khas yang tak boleh kelewatan adalah ketupat. Makanan dengan bahan beras dan dibungkus dengan janur atau daun kelapa yang masih muda ini pasti jadi incaran saat keluarga berkumpul dan merayakan hari raya.

Tapi ketupat pun juga butuh perlakuan yang tepat agar tak cepat basi. Ketupat bisa bertahan lama dan bisa dimakan kapan pun jika kamu tahu cara menyimpannya. Tak butuh bahan-bahan kimia pengawet kok jika ingin ketupat tahan lama atau tak mudah basi. Hanya tips ini yang kamu butuhkan.

  • Masak hingga benar-benar matang

    Waktu yang dibutuhkan untuk masak ketupat agar matang sempurna umumnya 4-5 jam. Jika ketupat matang sempurna, risiko basi juga semakin kecil. Perebusan yang lama akan mematikan bakteri hingga bagian dalam ketupat. Jika matang sempurna, ketupat tak mudah berair dan lembek. Dan selama dimasak, pastikan ketupat terendam semua, agar matangnya merata.

  • Siram dengan air dingin

    Setelah ketupat padat dan matang sempurna. Matikan api, ambil ketupat dari air rebusan dan siram ketupat dengan air dingin. Cara ini bukan hanya akan membersihkan sisa air rebusan, tapi juga menghilangkan kotoran atau lendir daun yang menempel dan berpotensi membuat ketupat mudah basi.

  • Tiriskan hingga kering

    Setelah disiram, tiriskan di tampah atau wadah yang luas dan biarkan hingga kering. Taruh di tempat yang mudah terkena udara, arena ketupat lebih cepat basi jika mengandung banyak air.

  • Gantung ketupat dan angin-anginkan

    Menggantung ketupat di udara terbuka ternyata jadi acara terbaik menyimpan ketupat agar tahan lama. Biarkan ketupat digantung dan diangin-anginkan. Cara ini bisa membuang sisa air, biarkan menetes sehingga daun ketupat kering.

Karena ketupat terbuat dari daun kelapa yang dianyam sehingga padat tertutup, cara ini sebenarnya juga membantu membuat ketupat terlindungi dari bakteri. Dan tips di atas sangat membantu membuat ketupat tahan lama dan bisa dimakan tanpa takut cepat basi. Ketupat bisa bertahan paling tidak 4 hari.

 

sumber : vemale.com

6 Tips Ampuh Agar Opor Ayam Tak Mudah Basi

Saat lebaran, salah satu sajian khas yang hampir pasti selalu ada di meja makan adalah opor ayam. Opor ayam menjadi sajian khas Idul Fitri yang bukan hanya menggugah selera namun juga menyatukan keluarga. Namun opor ayam jika tidak diolah dengan baik bisa jadi cepat basi.

Ini karena kandungan lemak dan protein dalam santan yang menjadi penyebab mudahnya makanan cepat basi. Wah tak mau menu lebaran jadi sia-sia dan dibuang kan? Ini tipsnya agar opor ayam dan masakan lebaran lainnya tak mudah basi.

  • Pilih kelapa tua dan masih segar

    Saat masak opor, pastikan membeli kelapa parut segar dari satu buah kelapa tua. Kamu juga bisa membeli kelapa tua dan memarut sendiri di rumah. Peras santannya dengan air panas atau cukup hangat untuk santan kental untuk mengurangi potensi berkembangnya bakteri. Begitu juga jika ingin mengambil santan cair, tapi cukup dengan air matang saja.

  • Masak hingga benar-benar tanak/masak

    Saat pertama kali masak, pastikan kamu membiarkan opor ayam matang benar, bukan hanya asal mendidih dan bumbunya sudah pas dan sedap. Tumis bumbunya hingga matang baru menuangkan bahan-bahan. Biarkan opor mendidih dan kuahnya agak berkurang kurang lebih 10 menit lamanya agar santan benar-benar matang sehingga tak mudah basi.

  • Hangatkan sebelum disantap

    Opor ayam dengan bumbu santan memang lebih enak jika disajikan hangat, tapi bukan itu tujuan utamanya. Menghangatkan makanan bersantan sebelum disantap bisa mencegah mudahnya makanan jadi basi.

  • Jangan diaduk setelah dihangatkan

    Jika sudah tak ada keluarga yang ingin makan opor lagi, saatnya menghangatkan makanan. Dan untuk opor ayam, setelah dihangatkan hingga tanak, jangan diaduk lagi. Kontak dengan benda asing atau udara dari luar setelah dihangatkan justru membuat opor basi.

  • Jangan menutup panci setelah dihangatkan

    Jika biasanya kamu suka menutup panci saat menghangatkan sayur agar cepat mendidih. Jangan lakukan ini pada makanan bersantan. Biarkan opor mendingin sendiri dalam suhu ruangan. Menutup opor ayam dengan tutup panci saat kuah masih panas juga bisa membuat opor basi karena udara yang terjebak di dalam.

  • Simpan dalam kulkas

    Jika opor akan ditinggal lama, setelah opor dihangatkan dan dibiarkan mendingin sendiri di suhu ruangan, tempatkan pada wadah plastik dan masukkan ke dalam kulkas yang paling dingin atau di dalam freezer.

Jadi, meskipun kamu sibuk menerima tamu dan menjamu keluarga yang datang ke rumah, jangan sampai kamu mengabaikan opor ayam di dapur ya. Makanan bersantan macam opor ayam juga butuh perlakuan khusus.

 

sumber : vemale.com